Jenis Pupuk Bagus Untuk Tanaman Bonsai

Jenis pupuk bagus untuk tanaman bonsai-Pemupukan dan pemangkasan merupakan salah satu proses perawatan tanaman yang sangat di pentingkan. Jika proses pemupukan dan pemangkasan tidak dilakukan, maka tanaman akan mengalami masalah.

Seperti mengalami kelayuan dan bentuk tidak beraturan. Berikut ini merupakan penjelasan dari pemupukan dan pemangksan yang baik dan benar :

Pemupukan Untuk tanaman Bonsai

Pemupukan pada tanaman bonsai bertujuan untuk mempersubur tanaman bonsai. Pupuk yang akan diberikan untuk tanaman bonsai tidak boleh sembarangan.

Jika terjadi kesalahan karena kesalahan pupuk, tanaman tersebut akan mengalami masalah, seperti batang dapat menjadi kurus dan tanaman akan sulit berbunga.

Pupuk yang akan diberikan untuk tanaman bonsai ini harus pupuk yang sudah ditentukan. Pupuk yang diberikan untuk tanaman bonsai ini, dapat berupa pupuk kandang, pupuk organik dan campuran pupuk kimia lainnya.

Pencampuran pupuk ini harus dilakukan sesuai takaran. Pemberian campuran pupuk kimia, jangan terlalu banyak hanya secukupnya saja. Karena tanaman bonsai ini tidak tahan dengan zat-zat kimia yang diberikan terlalu banyak.

Jika tidak ingin memberikan pupuk yang tercampur zat kimia, anda bisa memberikan pupuk kandang saja untuk menjamin tanaman agar tidak terjadi masalah apa-apa.

Tetapi, jika hanya memberikan pupuk kandang saja tanpa tambahan bahan pupuk lainnya. Maka tanaman tersebut akan lambat mengalami perkembangan.

Pemangkasan Pada batang bonsai

Perawatan tanaman seperti pemangkasan ini hanya dilakukan satu bulan sekali. Pemangkasan harus dilakukan dengan rutin, agar tanaman dapat memberikan kesan yang menarik. Pemangkasan juga dilakukan untuk membasmi hama dan penyakit.

Tetapi, jika pemangkasan dilakukan dengan cara yang tidak ditentukan. Tanaman tersebut akan mengalami kerusakan. Seperti daun dan bunga tidak akan tumbuh lagi, dan jika ujung batang tanaman terpotong akibat pemangkasan, maka tanaman tersebut akan mengalami cacat.

Jika cacat tanaman dilakukan dengan cara buatan, maka tanaman akan mengalami penurunan harga, bahkan tanaman tidak akan laku di jual dipasaran.

Tetapi jika tanaman mengalami cacat dari alam, itu akan menambah keindahan tanaman. Sehingga nilai jual dari tanaman tersebut akan mengalami peningkatan.

Pemangkasan ini dapat memacu pertumbuhan cabang dan tunas yang baru, pemangkasan ini tidak boleh dilakukan kepada tanaman yang sedang sakit.