CARA MEMBENTUK LIUKAN/GERAK BATANG CEMARA UDANG UNTUK BONSAI TAMAN CANTIK

Cemara Udang di Taman Rumah


Untuk anda yang memiliki rumah dengan dengan taman yang ada kolamnya, mungkin anda masih kebingungan. Kira-kira tanaman apa yang cocok untuk taman seperti ini ya? Jika memang itu letak permasalahannya, jangan khawatir, tanaman-tanaman hias yang mampu menambah kesan lembut pada jenis taman seperti ini sangatlah banyak. Salah satunya adalah cemara udang.


Cemara udang berbeda dengan pohon cemara yang lainya . Cemara ini sering dijadikan sebagai hiasan dalam sebuah taman, dan memiliki daun kecil yang mampu membuatnya lebih terkesan lembut. Berbeda dengan cemara hutan / laut yang hidup subur di dataran tinggi, cemara ini bisa tumbuh subur dimanapun termasuk taman rumah anda.

Proses Pengembangan Bonsai Taman Cemara Udang

Selain bisa ditanam secara langsung pada tanah, cemara udang juga sering dimanfaatkan sebagai tanaman bonsai. Meskipun cemara udang memiliki daun yang kecil dan lembut, namun hal ini tidak mengurangi keindahannya sebagai tanaman bonsai, bahkan hal ini terlihat jauh lebih unik dan berbeda dari bonsai pada umumnya.

1. Pembibitan Cemara Udang dengan Cangkok


Jika anda sudah pernah melihat cara pembibitan pohon jenis cemara yang ada, anda tidak akan kesulitan untuk melakukan pembibitan pada pohon ini, karena cemara udang memiliki cara pembibitan yang sama yaitu dengan cara mencangkoknya untuk mempercepat proses jadi.

Sebelum melakukan pencangkokan, anda harus memastikan bahwa indukan tersebut sudah memiliki umur yang cukup untuk dicanggkok. Jika anda berniat untuk membuat bonsai cemara udang, sebaiknya anda memilih batang indukan yang sudah besar.

Lakukan penyiraman secara rutin pada bagian pencangkokan, agar akar pada udang cemara bisa tumbuh subur. Jika anda sudah akar sudah lumayan banyak, potong dan diamkan dalam satu malam pada ruangan yang lembab. Setelah itu baru anda bisa menanam pada media tanam, baik pot atau tanah langsung. Untuk bonsai sendiri akan jauh lebih baik ditanam pada media pot.

2. Penanaman untuk Pembesaran Cemara Udang

Jika anda ingin menanam pada media pot / Polibek besar, anda harus mencampur terlebih dahulu tanah dan pupuk dengan komposisi yang sama. Ambil batang udang cemara yang sudah siap tanam, dan masukan ke dalam pot dengan kedalaman mencapai 15 centimeter. Jika anda menanam pada media tanah, anda harus nenancapkannya pada kedalaman 30 centimeter.

3. Pengarahan Gerak Batang / Liukan Cemara Udang

Untuk membentuk batang agar terlihat cantik dilakukan saat penanaman / pembesaran dari cangkokan bisa dilakukan di tanah atau dalam polibek pembesaran dengan cara sebagai berikut :
  • Persiapkan peralatan seperti gunting dahan untuk membuang cabang yang tidak diperlukan, kawat Jepang, dan bahan bantu pola berupa cabang pohon mati.
  • Pengarahan dahan menggunakan kawat untuk membuat gerak batang dan mengarahkan ranting yang diinginkan sehingga indah dilihat. untuk bibit kecil.
  • menggunakan cabang kayu mati untuk pohonCemara Udang  yang sudah cukup besar dengan cara ditancapkan dekat pohon cemara udang bakalan dan pohon di lilitkan melingkari kayu mati tersebut selanjutnya ujung pohon diikat agar pola terbentuk seperti spiral dan dipertahankan 2 s/d 3 bulan tergantung besar kecil pohon cemara bakalan tersebut. selanjutnya kayu mati bantu tadi dilepas bila pola sudah terbentuk.
         Gambar Hasil pembentukan :



4. Perawatan dan Pemangkasan Cemara  Udang

Untuk perawatan cemara udang sebenarnya tidaklah terlalu rumit, namun anda harus melakukan beberapa hal secara teratur agar udang cemara yang ada di taman anda bisa tumbuh subur. Pertama lakukan pengairan secara rutin yaitu dua kali sehari. Lakukan pengairan secara wajar, jangan terlalu banyak dan jangan terlalu kekurangan.

Untuk Cemara udang yang sudah ditanam di rumah anda disarankan untuk melakukan pemangkasan dan pembuatan pola yang menarik sesuai keinginan dan model masing-masing 


Jika anda ingin membuat bonsai cemara Udang tumbuh cantik ditaman rumah, Pemangkasan rutin dan secara berkala pada pohon hias yang satu in,i sesuai dengan bentuk yang ada hendaki. Sedangkan untuk perawatan lain seperti pemberian kompos dalam satu bulan sekali dan juga penyiangan.

Selamat Mencoba : Central Bonsai.Com