Cara & Tips Mempercepat Pertumbuhan Pohon Bonsai

Share:

Pada dasarnaya keindahan bonsai itu bisa terlihat mulai bentuk dari atas sampai bawah itu indah.bagaimana bisa membuat sebuah bonsai tersebut telihat indah. yaitu salah satunya adalah dengan membentuk karakter keindahan pada batang bonsai sehingga terlihat tua, atau lapuk terkena cuaca.


mempercepat pertumbuhan pohon adalah salah satu Paktor utama dalam cara mempercepat pertumbuhan batang dan akar. metode paling sederhana dan paling umum dalam memperbesar batang adalah dengan menanam pohon diatas tanah selama beberapa tahun. sehingga menjadi kuat.adanya faktor2 yang membuat tanaman tidak bisa ditanam dulu adalah karena tidak adanya lahan atau pengaruh iklim. sehingga tanaman harus ditanam ditanam dalam pot sehingga dapat terlindung dari iklim yang tidak sesuai dengan tanaman tersebut. meskipun pertumbuhan tidak secepat yang ditanam langsung pada tanah ( liar ).

adapun hal yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman didalam pot adalah :

1. ukuran pot

untuk membentuk pertumbuhan bonsai secara lebih cepat adalah dengan memberikan ruang gerak akar supaya dapat memanjangkan akar, karena dengan memberikan pot yang kecil juga akan menghambat pertumbuhan tanaman tersebut.

2. media tanam dalam pot

memberikan media asal asalan juga akan menghambat pertumbuhan batang dengan cepat. untuk itu lakukan pemupukan supaya tanah didalam pot tersebut tersedia makanan yang cukup buat tanaman anda.dan lakukan penggantian media anda kurang lebih 1 th sekali.

3. penyiraman

penyiraman dilakukan secara rutin, janagan terlalu banyak karena bisa mengakibatkan pembusukan akar khususnya pohon2 yang tidak terlalu suka air. dan juga jangan terlalu kering karena akanmengakibatkan tanaman anda akan layu dan mati. perhatikan sistem drinase pot anda karena bila pot anda kurang porush atau pembuangan tidak lancar maka air yang anda siram akan merendam akar dari tanaman anda sehingga dapat mengakibatkan pembusukan.dan usahakan lobang lobangpembuangan agar tidak terlalu lebar atau banyak karena juga akan mengakibatkan air yang anda siram langsung keluar sehingga media tanam anda cepet kering. ukuran yang baik lobang drainase air  adalah sehari sudah kering.
Selamat Mencoba. Salam Central Bonsai.Com