KEUNGGULAN JENIS TANAMAN PINGGIR LAUT YANG CANTIK UNTUK BONSAI

Tanaman Unik Pinggir Laut Untuk Bonsai



Dalam seni bonsai, jika diamati maka mayoritas jenis tanaman yang dijadikan bonsai di Indonesia adalah tanaman-tanaman di daerah yang jauh dari laut bukan tanaman pinggir laut atau. Mayoritas penggemar bonsai jauh lebih mengenal bonsai beringin, bonsai asem, bonsai serut, bonsai loa, bonsai mustam dan Tanaman yang cukup terkenal pinggir laut dan pantai adalah Santigi yang sudah banyak dikembangkan di Indonesia

Namun Tanaman Pinggir laut Lainnya juga memiliki Potensi Untuk bonsai adalah jenis  Pacar laut/Kapasan & wahong  Di arena pameran dan kontes bonsai yang selama ini sering digelar di berbagai daerah yang sering ditampilkan adalah bonsai-bonsai yang hidup di daratan pedalaman daripada bonsai tanaman laut dan pantai.

  • Jenis Tanaman Pacar Laut/ Kapasan (Cerodendrun Merme)




Menurut pengamatan dan pendapat penulis, sebenarnya tanaman-tanaman yang hidup di laut dan pantai akan jauh lebih cantik & indah untuk dijadikan bonsai. Hal tersebut karena tanaman laut dan pantai hidup di lingkungan yang relatif mengalami perubahan fisis yang drastis seperti media tanam yang terbatas, perbedaan suhu yang besar, kecepatan angin dan arus ombak yang besar. Kondisi-kondisi seperti ini jelas akan mempengaruhi bentuk fisik tanaman yang hidup ditempat itu.




Tanaman-tanaman laut dan pantai akan memiliki bentuk yang meliuk-liuk ekstrim, banyak keroposan/keringan karena sering mati yang menimbulkan eksotisme tersendiri. Liukan tanaman pantai relatif lebih sensual dibandingkan tanaman daratan pedalaman yang tidak banyak mengalami perubahan cuaca dan fisik.

  • Jenis Tanaman Wahong Laut (Premna nauseosa)


Keunggulan Tanaman Wahong dikarenaken lahan hidupnya yang ekstrim membuat bentuk batang dan liukan serta keropos batang menjadi daya tarik seni bonsai.


Melihat potensi yang sangat tinggi dari jenis-jenis tanaman laut dan pantai di atas maka menurut hemat penulis, kiranya para penggemar bonsai perlu mempertimbangkan lagi untuk segera mengolah tanaman asli karena ada di pinggiran  pantai untuk menghasilkan karya seni bonsai yang bermutu tinggi dan membawa nama harum Bangsa Indonesia. Selamat mencoba dan sukses selalu.......