TIPS CARA MENUMBUHKAN AKAR GANTUNG PADA BONSAI BERINGIN (FICUS)

Share:

Penanaman Bonsai Beringin 

Beringin (ficus) menjadi jenis pohon tropis yang sangat ideal untuk dijadikan Bonsai. Hampir disetiap pameran Bonsai, jenis tanaman ini selalu menempati posisi terbaik. Memiliki Bonsai beringin adalah kebanggaan tersendiri bagi para kolektor karena pohon ini memberi aura (suasana) yang menentramkan.


Membuat Bonsai beringin sepertinya sangat mudah, karena beringin memiliki sifat mudah hidup dan cepat dalam hal pembesaran cabang-cabangnya. Namun sesungguhnya membuat Bonsai beringin menjadi Bonsai yang benar-benar jadi membutuhkan waktu cukup lama, karena untuk membuat proporsional perantingan dan pembuatan tajuk yang indah memerlukan ketelatenan terkait dengan pengecilan daun beringin.

Banyak pembudidaya Bonsai beringin melakukan budidaya dengan menanamnya di lahan dahulu sebelum masuk pot, tujuannya agar batang cepat besar dan memprogram perakaran. Proses ini terbukti cepat namun batang pohon memiliki kecenderungan tidak memiliki karakter pohon tua.

Gaya/style Bonsai pohon beringin yang muncul saat ini juga terbawa oleh gaya Taiwan, pohon gempal, ungkul, percabangan tertata rapi kiri, kanan, belakang dan seterusnya sehingga kesan pohon beringin yang sering kita jumpai di alam Indonesia tidak muncul (beringin yang gagah, percabangan acak tetapi tetap mencerminkan pohon kekar, akar gantung tak beraturan dan akar beringin yang menjuntai ke segala arah. Ini adalah tantangan bagi pembonsai, untuk membuat Bonsai beringin dengan citarasa/style Indonesia.

Pembuatan / Menumbuhkan Akar Gantung


Trik dan Tip penumbuhan Akar Gantung Pada Bonsai Beringin adalah hal sederhana : dengan cara Mengelupas Kulit Cabang yang akan dibuat akar gantung dengan pisau tajam usahakan bagian bawah. selanjutnya oleskan tanah pada bekas luka, biasanya akan tumbuh akar. Agar akar gantung dapat mencapai tanah gunakan pipet/sedotan jus arahkan lurus ke tanah sehingga akar akan tumbuh memanjang mengikuti pipet turun ketanah dan tidak kering.

Selamat Mencoba : Central Bonsai.Com