METODE & PANDUAN PENTING MEMBUAT BONSAI BAGI PEMULA

Share:

Proses Penting  Memelihara Bonsai


Bagi Anda yang sedang tertarik memulai proyek bonsai untuk menghias ruang, cobalah ikuti panduan dari How Stuff Work dengan tahap-tahap yang jelas.

1. Pilihlah spesies pohon sesuai dengan lokasi geografis.
Beberapa pohon kehilangan di musim kemarau dan meminta temperatur yang rendah. Pohon lain tidak bisa bertahan, atau benar-benar meranggas saat panas. Ada pohon yang butuh banyak air sementara yang lain tak perlu. Riset dan pelajari seksama bagaimana area anda dan tipe pohon bonsai yang cocok.

2. Tentukan Ukuran Bonsai
Pohon bonsai bisa berada dalam rentang, mulai miniatur berukuran 6 inci hingga yang setinggi 90 centimeter. Putuskan tipe bonsai yang diinginkan sebelum pergi untuk membeli tumbuhan di pusat pembibitan.

3. Pilih Jenis Tumbuhan.
Begitu anda memutuskan tipe bonsai yang Anda inginkan, barulah beli tanaman yang pas. Ketika membeli periksalah bagian daun dan warnanya untuk memastikan tumbuhan sehat. Kemudian berkeliling untuk melihat ragam pilihan dan imajinasikan bagaimana setiap tanaman akan terbentuk nantinya bila sudah dibonsai. Jangan terburu-buru memutuskan bila hanya membuat Anda kecewa begitu tahu tanaman itu tak cocok untuk bonsai.

4. Pilih pot
Proses ini juga penting karena pot sangat berhubungan dengan ukuran bonsai yang diinginkan dan gaya tumbuhan. Pilihlah bentuk dan warna yang Anda sukai secara pribadi. Pot itu harus cukup besar untuk membuat tanah menutupi akar tanaman. Jangan sampai pot hanya mampu menampung sedikit tanah sehingga tak bisa memberi kelembaban kepada akar.

Anda akan membunuh pohon bonsai dengan cepat bila pot tidak cukup besar. Gagasan bonsai adalah menyeimbangkan figur pot dengan tanaman, dan membuatnya seperti miniatur pohon. Bila Anda tidak memiliki bor untuk melubangi dasar pot, lebih baik belilah pot yang sudah memiliki lubang drainase.

5. Persiapkan pohon dan pot
  • Pangkas daun-daun tanaman seperti bentuk yang Anda kehendaki. Potong akar-akar sehingga sistem akar bisa pas dengan aman di pot yang baru dengan jumlah tanah yang tepat.
  • Pastikan tanaman muda sudah disiram dengan baik sebelum ditanam dalam pot.
  • Tempatkan lapisan tipis pasir besar di bawah pot untuk drainase, tutupi lubang draise sedikit bila pasir keluar.
  • Keluarkan pohon bonsai dari pot yang lama dan hilangkan tanah yang melekat di sekitar akar. Periksa pula akar apakah ada yang busuk dan rusak, lalu hilangkan.
  • Potong akar sekitar dua pertiganya. Ini sepertinya ekstrem, namun mengontrol pertumbuhan akar adalah bagian esensial menciptakan dan membuat bonsai tetap tumbuh mini.
  • Tuntaskan proyek Anda dengan memberi tanah yang lembab atau sudah diairi ke pot. Pohon-pohon dari iklim tropis bisa ditanam kapan pun cuaca hangat.
Selamat Mencoba........Salam Bonsai Indonesia!!!!