SANCANG TANAMAN BONSAI YANG MUDAH DIBIAKKAN

Share:

POHON SANCANG (Premna Microphylla)



Sancang merupakan tanaman yang hidup di daerah yang “basah”/ banyak air. Tanaman ini biasanya tumbuh di daerah irigasi persawahan. Tanaman ini harus tersinari matahari penuh atau minimal dari pagi sampai siang atau kira-kira 7-8 jam. Lebih bagus lagi jika tersinari matahari dari pagi sampai sore seperti di habitat aslinya.


Pohon sancang sangat bagus untuk dibonsai karena tekstur batang yang unik dan perakaran yang baik. Para pebonsai biasanya menggabungkan sancang dengan batu (akar mencengkram batu) atau membentuknya dengan liukan ektreme. Selain itu, daun sancang juga sangat bagus karena bisa sangat kecil dan rapat saat dibonsai. Tidak heran, banyak sekali bonsai ukuran mame/shohin jenis sancang. Berikut ini foto daun sancang.
Daun sancang bisa sangat kecil, kira-kira seukuran biji bunga matahari. bahkan bisa lebih kecil lagi.

MENGEMBANGBIAKAN SANCANG MUDAH


sancang sangat mudah untuk dikembangbiakan, misalnya dicangkok dan setek. Mencangkok sancang tidaklah sulit, kurang lebih sama seperti mencangkok tanaman lain pada umumnya, bahkan bisa tumbuh lebih cepat. untuk setek pun sangat mudah, tinggal sediakan media tanam kokofit, arang sekam, tanah, dan sedikit pasir. aduk media, kemudian pilih pucuk sancang atau batang muda dan tancapkan ke media. taruh di tempat teduh. Dalam seminggu akan keluar tunas. 

No comments