TIPS 5 LANGKAH MENATA TAMAN SEMPIT TERLIHAT LUAS

Share:
TIPS Taman Sempit Bisa Terlihat Luas 


Kini perumahan semakin sempit saja lahannya. Bahkan bagian halaman rumahnya pun tak lebih dari 2×2 meter persegi. Anda terpaksa harus puas dengan taman mungil di bagian depan sebagai oase tempat tinggal Anda.

Tapi, taman mungil tak berarti tidak bisa diatur agar terlihat indah. Anda pun bisa membuat taman ini terlihat lapang dan sejuk dipandang.



Agar Terlihat asri dan lahan sempit terlihat luas berikut caranya:

1. Hindari pohon besar

Anda tentu ingin memiliki pohon yang rindang di depan rumah Anda untuk menghindari sinar matahari yang terlalu menyilaukan. Tapi jangan memilih pohon besar yang daunnya akan menyebabkan sampah di halaman rumah.

Jika memang menginginkan tanaman perindang, pilih tanaman yang daunnya lancip dan cenderung vertikal, misalnya Beringin Taman, cemara atau palem. Batang pohon-pohon ini juga langsing dan mungil sehingga tidak mempersempit halaman Anda.

2. Perhatikan lokasi penanaman

Sebaiknya menggunakan tanaman yang juga mungil, selain rumput gajah mini Anda juga bisa menanam melati Bali, kucai mini, azalea, namun Anda juga harus mengatur posisi penanamannya.

Jangan semuanya diletakkan di tengah yang akan membuat taman menjadi penuh dan susah dilewati. Tempatkan tanaman hijau tanpa bunga di pojok yang dekat dengan sisi rumah. Sementara tanaman bunga diletakkan di sisi yang dekat bagian luar dan pastikan tetap terpapar sinar matahari.

3. Tambahkan jalan setapak

Untuk menghindari taman agar tidak terinjak, sediakan jalan setapak mulai area carport hingga teras rumah. Anda juga bisa menggunakan batu bata atau batu yang dibentuk melingkar yang tersedia di penjual tanaman. Jalan setapak juga berfungsi sebagai pijakan saat Anda akan menyiram tanaman.

4. Pisahkan tanaman pot

Untuk tanaman yang ada di dalam pot sebaiknya tak lagi diletakkan di taman, tapi Anda bisa menggunakan lokasi lainnya, misalnya teras. Atau gantung tanaman pot tersebut di halaman belakang atau di teras rumah Anda.

Meletakkan pot di taman akan membuat taman menjadi semakin sempit.

5. Penerangan cantik

Jangan puas hanya dengan lampu besar di teras sebagai penerangan taman Anda. Lampu LED yang diletakkan di pojok-pojok taman justru membuat taman menjadi lebih romantis. Gunakan lampu LED kuning temaram agar taman Anda tampak seperti taman-taman hotel di Bali