BONSAI MAME KECIL NAMUN UNIK

Share:

Apa Itu Bonsai Mame 


Pada tanaman bonsai dikenal adanya istilah Mame bonsai, yaitu salah satu kategori tanaman bonsai yang ukurannya paling kecil. Pada awalnya, aturan yang masuk dalam kategori ini adalah bonsai yang tingginya tidak lebih dari 8 cm. Akan tetapi karena sangat sulit untuk mendapatkan bonsai sekecil itu dengan bentuknya yang memuaskan, maka batasanya dilonggarkan menjadi seukuran tinggi 12 cm. Hingga kemudian dalam beberapa tahun belakangan ini, peraturannya kembali dirubah. Hal ini dikarenakan pada sebuah pameran bonsai, dijumpai bonsai dengan tinggi 15 cm yang dikategorikan sebagai jenis Mame bonsai.


Mame bonsai yang bermutu tinggi haruslah tanaman bonsai yang tanpa cacat. Ia telah melalui masa pembentukan yang benar dan memakan waktu cukup lama. Makin lama bonsai mengalami masa pembentukan dalam pot, maka makin terlihat jelas segi ketuaannya. Berbeda sekali dengan bonsai yang tampilannya cukup bagus namun baru mengalami masa pembentukan yang singkat, segi ketuaannya tidak akan tampak. Hal itu juga termasuk nilai lebihnya.

Membuat Bonsai Mame


Anda yang tertarik membuat Mame bonsai atau bonsai mini ini, cara yang digunakan pada dasarnya sama saja dengan membuat bonsai pada umumnya yang berukuran lebih besar, bedanya adalah bonsai jenis ini lebih memerlukan ketelatenan dan kesabaran.


Kesulitan yang sering terjadi dalam membuat Mame bonsai adalah dalam membentuk ranting. Kesulitan ini biasanya disebabkan oleh media tanam yang digunakan tidak cocok. Perlu diketahui untuk membuat Mame bonsai, selain kesuburan tanah, struktur media tanamnya juga harus disesuaikan dengan masa trainingnya (pembentukan). Selain itu, karena pot yang digunakan untuk membuat Mame bonsai berukuran kecil, maka masa penggantian media tanamnya harus lebih singkat daripada bonsai yang berukuran lebih besar, yang pastinya dengan ukuran pot yang lebih besar pula.

No comments