Pembentukan Akar Bonsai Adenium (Program Akar)

Share:
Salah satu cara mempercantik adenium dilakukan oleh penggemar adenium adalah dengan melakukan pembentukan akar (program akar). Program akar ini diharapkan akan dapat menunjang penampilan dari adenium sehingga menjadi terkesan kokoh dan tua dengan akar yang melebar ke samping.

Pertanyaan yang sering dibahas di grup adenium, gimana caranya bikin program akar? Sebuah pertanyaan sederhana namun selalu jadi pembahasan yang menarik Program akar tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya dengan mengarahkan akar atau melakukan pemotongan pada batang adenium sehingga membentuk akar yang menyebar dan mengelilingi batang tersebut.


Pengarahan akar dilakukan pada saat usia adenium masih muda, dengan akar yang masih kecil dan masih lentur. Sementara untuk adenium yang sudah terlanjur besar pengarahan akar akan sedikit sulit dilakukan. Karena akar yang terbentuk sudah cendrung keras dan kaku.

Tip pengarahan akar

Tanaman adenium dicabut dari media dan digantung terlebih dahulu sehingga akarnya menjadi agak lemas. Lamanya penggantungan adenium tergantung kondisi usia adenium tersebut, biasanya untuk adenium yang masih muda, kurang lebih 10 hari akar sudah lemas.

Setelah lemas barulah akar diarahkan keluar atau sesuai dengan keinginan pemilik. Dalam mengarahkan ini usahakan seminimal mungkin luka atau robek pada akar. Setelah akar sesuai keinginan baru adenium ditanam pada pot, dan baru disiram setelah 10 hari penanaman.

Tip pembentukan akar :

Siapkan bakalan yg mau di prokar (kondisi sehat), cabut dari media dan cuci bersih, sambil nunggu pohon agak kering siapkan pisau yg tajam & steril, tisu/lap bersih. Potong bagian yg mau di prokar,bersihkan getahnya dengan tisu, tunggu/gantung sampai luka/bekas potongan kering, boleh diolesi fungisida+root up,,nggak juga boleh. Gantung boleh 1 hari, 3 hari, seminggu sesuai kebutuhan.

Jika sudah dirasa cukup kering, siapkan steroform/lepekan/Disc bekas/tutup slop shuttle cock atau apapun yg tidak terpakai (Re-USE) sebagai dasaran bagian bawah bonggol. Tanam pada media yg porous dan kering, taruh di tempat yg teduh (5 hari / jika seedling agak besar bisa sampai saat terlihat tanda keluar daun), terus siram sampai tembus ke dasar pot, taruh di tempat yang full sinar. Kalau hidup tunggu 3-4 bulan untuk re organize akar (jangan buru2 bongkar, liat posisi poon biasanya mulai terangkat karena akar sudah tumbuh membesar)

Syarat Tanaman Adenium yang akan diprokar:

Cri-ciri bakalan yang sehat: batang segar dan pertumbuhan daun aktif, jika dilihat disekitar caudex atau bonggol seperti ada guratan halus. Medianya porus banget, jadi nyiram pun cepet banget keringnya asal full sinar,bahkan sehari bisa kering