Cara Membentuk Akar Bonsai Adenium Seperti Cakar Elang

Share:
Untuk memperindah tampilan bonsai adenium, kita dapat membentuk bagian akar pada adenium, bentuk akar bisa kita bentuk sesuka kita, salah satunya dengan membuat akar adenium seperti bentuk cengkraman elang, bentuk seperti ini sangat efektif untuk menambah nilai seni adenium, cara-cara untuk membentuk akar adenium sebagai berikut;


1. Sediakan alat potong pisau (cutter), sterilkan dengan alkohol 70 % atau dipanaskan.

2. Pilih adenium yang akan di program akar. Lebih disarankan bonggol busuk atau bermasalah. Hal ini bertujuan memprogram akar sekalian menyelamatkan bonggol yang busuk.

3. Angkat adenium dari media dan cuci sampai bersih, lalu keringkan ditempat teduh.

4. Potong bonggol adenium tepat pada diameter terbesar. catatan : Kalau bonggol busuk potong sampai yang busuk terbuang semua.

5. Setelah itu angkat dan keringkan ditempat teduh salama 30 - 60 menit.

6. Setelah kering oles dengan zat peransang akar seperti Rootom F atau Atonik dll. Bisa ditambah olesi bawang putih untuk mensterilkan.

7. Dikeringkan selama 10 - 20 menit, lalu ditanam kembali. Untuk sementara disimpan di tempat teduh.

Tahap pemotongan bonggol sudah selesai.

Kurang lebih 3 bulan cabut adenium dari media dan lihat hasilnya. Apa yang terjadi? Akar sudah mulai tumbuh disekeliling umbi adenium. Langkah selanjutnya terserah hobbis mau diprogram seperti apa. Pilihannya akar terurai, dikepang, jari mengembang dll.