Top Grafting Dan Slide Grafting Tanaman Bonsai

Top grafting Dan Slide Grafting Tanaman bonsai-Top grafting ini merupakan jenis perbanyakan yang biasa dilakukan untuk jenis tanaman bonsai. Top grafting ini terdiri atas dua macam jenis nya, yaitu sambung baji dan side grafting.

Sambung baji merupakan jenis penyambungan dengan menggunakan batang, biasanya proses sambung baji ini menggunakan batang yang diruncingkan. Tetapi sambung baji yang satu ini hanya menggunakan batang yang tumpul saja.

Sambung baji dengan menggunakan batang yang tumpul ini sengaja dilakukan agar batang yang akan ditancapkan tidak terlalu memakan banyak tempat.


Biasanya batang yang akan ditancapkan untuk sambung baji ini menggunakan batang bagian atas untuk ditancapkan. Jika ingin mengetahui proses sambung baji dengan jelas, lihatlah langkah-langkah berikut ini:

Pertama kita harus menyiapkan batang atas yang akan digunakan untuk proses penyambungan.

Batang atas yang akan digunakan tersebut, harus berasal dari jenis tanaman yang masih muda sehingga masih terlihat sangat segar dan bagus.

Kemudian potong lurus pada batang yang sudah disiapkan, pemotongan dapat dilakukan dengan kedalaman mencapai 6 cm.

Setelah dipotong dan membentuk belahan. Selanjutnya yang harus dilakukan ialah memasukkan batang atas kedalam batang yang telah dibelah tersebut, pastikan letak posisinya lurus.

Setelah itu, ikatlah sambungan tersebut menggunakan tali pelastik, dan tunggu beberapa minggu untuk melihat hasilnya.

Selain itu, sambung baji juga dapat dilakukan dengan terbalik. Cara melakukannya sama saja, tetapi hanya dilakukan dengan terbalik.

Side grafting Tanaman bonsai

Side grafting dilakukan dengan menggunakan batang tanaman, side grafting ini tidak jauh berbeda dengan Top grafting. Jika ingin mengetahui langkah-langkah penanaman nya, lihatlah dibawah ini:


Pertama kita harus mempersiapkan batang yang berukuran lebih besar dan batang yang sudah tua untuk melakukan side grafting.

Perbedaan side grafting ini hanya terletak pada pemotongan batangnya saja, kita harus memotong batang dengan posisi yang miring. Kemiringannya bisa mencapai 50 derjat.

Setelah dipotong dengan posisi miring, selanjutnya ialah menyisipkan ranting ke dalam lubang yang telah di potong tersebut dengan posisi yang benar.

Selanjutnya ikat batang tanaman tersebut dengan menggunakan tali rafia kemudian dibalut dengan kain.

Proses side grafting ini bisa dilihat setelah 2 bulan setelah dilakukan proses penyambungan.

Dengan menggunakan kedua metode di atas,akan lebih mudah kita dalam mencetak bibit tanaman bonsai yang lebih unggul serta tanaman yang berkualitas dari pada harus melakukan pembibitan mulai dari nol atau dari biji..