5 Tanaman Bonsai yang Melegenda Sepanjang Masa, Tetap Diminati Meski Harganya Tinggi

Setiap masa memiliki bintangnya sendiri-sendiri. Begitu pula dengan aneka tanaman hias yang menjadi primadona dari waktu ke waktu.

Banyak bermunculan trend baru. Seperti di janda bolong atau janbol yang kini sedang naik daun. Namun, tahukah Anda jika ada beberapa tanaman hias yang selalu di hati para penggemarnya meski bintang baru banyak bermunculan.

Salah satu bunga yang melegenda sepanjang masa adalah bonsai.

Ditilik dari sejarahnya, bonsai merupakan salah satu tanaman yang memiliki sejarah cukup tua. Bonsai merupakan tanaman mungil yang sudah berasal dari daratan China kuno dan dikenal sejak dinasti Tang berkuasa yaitu pada ahun 618-907 M.

Dikenal sebagai seni menanam pohon, kata bonsai berasal dari dua kata dalam bahasa Jepang, yaitu ‘bon’ dengan arti ‘pot’ dan ‘sai’ yang berarti ‘tanaman’. Karena itulah bonsai dapat diartikan sebagai pohon hias atau semak yang tumbuh di pot dan secara artificial dicegah agar tidak mencapai ukuran normal.

Faktor seni ini yang menjadi salah satu sebab mengapa harga bonsai relatif mahal. Semakin tinggi nilai ‘seninya’, maka akan semakin mahal harganya. Ditambah lagi dengan jenis tanaman dan usianya. Keunikan lain dari tanaman ini adalah setiap bonsai tidak akan ada yang sama baik dari segi bentuk hingga jenisnya. Sehingga, semakin unik bisa jadi akan berpengaruh pada harganya.

Di Indonesia sendiri, bonsai lebih dulu dikenal bahkan sebelum Indonesia merdeka. Yakni sekitar tahun 1940-an. Hingga kini, bonsai tetap menjadi tanaman hias primadona dengan penggemar yang cukup banyak. Meski mungkin tidak terlalu diekspos seperti sejumlah tanaman yang sedang naik daun, permintaan akan bonsai dan harganya relatif cukup tinggi.

Penasaran kan, bonsai apa saja yang sangat familiar di Indonesia?

Mulanya bonsai identik dengan pohon beringin. Jenis ini bisa dibilang sebagai yang paling populer di Indonesia. Dalam perkembangannya, muncul sejumlah pohon bonsai-pohon bonsai baru yang juga disukai oleh banyak orang.

Dari berbagai sumber, berikut sejumlah tanaman bonsai yang familiar di kalangan pecinta bunga di Indonesia:

  • Bonsai adenium atau kamboja Jepang. Selain batang dan daunnya yang khas, tanaman ini juga memiliki bunga yang indah dalam beberapa warna.

  • Bonsai Bougenville. Bunga ini juga sangat indah dengan beberapa macam warna pada bunganya. Keindahan bunganya membuat para pecinta bunga tertarik untuk membonsainya. Anda yang merupakan generasi 80-90an pastinya familiar juga dengan bonsai yang satu ini.

  • Bonsai Asam Jawa. Ini merupakan salah satu pohon bonsai yang juga menjadi primadona karena  sangat cocok dijadikan bonsai. Memiliki struktur batang yang kuat sehingga tidak mudah patah ketika dibentuk ke pola tertentu. Selain itu, salah satu alasan mengapa banyak orang memilih bonsai ini adalah karena pembuatannya yang relatif tidak sulit. Bahkan oleh mereka yang tidak memiliki pengalaman sekali pun dapat “mengerdilkan” tanaman ini sendiri.


  • Bonsai Cemara Udang. Bonsai ini memiliki karakteristik daun yang lancip dan batang yang besar. Cemara udang juga sering kali dikenal dengan nama cemara jarum. Tampilannya yang menarik sangat cocok dimanfaatkan untuk mempercantik tampilan rumah. 


  • Bonsai Kelapa. Sudah biasa kan melihat pohon kelapa dengan ukurannya yang besar? Para pecinta tanaman hias tentunya akan mudah jatuh dengan bonsai yang satu ini.***