KONTES BONSAI AJANG PEMBUKTIAN KEMAMPUAN DIRI

Pentingnya Kontes Bonsai




Berbagai macam kontes dan pameran diselenggarakan guna memenuhi kebutuhan aktualisasi diri, salah satunya adalah kontes dan pameran bonsai. Kontes dan pameran bonsai selama ini merupakan event yang istimewa dan ekslusif. Bagaimana tidak, bagi penulis bonsai adalah suatu seni yang memiliki kelas tersendiri. Bonsai adalah gabungan antara seni yang tinggi, perwujudan pribadi yang matang dari trainer dan pemiliknya, wujud dari pemahaman ilmu botani yang tinggi, membutuhkan pembiayaan & keterampilan “yang khusus”, singkatnya tidak setiap orang dapat berkecimpung di dunia bonsai, hanya orang-orang istimewa yang mampu eksis berkesinambungan di dunia bonsai.


Penerapan Strategi 


Dalam kontes dan pameran bonsai tentunya peserta memilki harapan-harapan tersendiri yang ingin diraih seperti keluar sebagai pemenang, dikenal orang, dihargai, dipuji, ingin bersosialisasi atau setidak-tidaknya ingin mengukur kemampuannya serta mengetahui apresiasi orang lain atas hasil karyanya di bidang bonsai. Melihat pentingnya tujuan yang hendak diraih dalam setiap event kontes dan pameran bonsai maka hendaknya setiap peserta mempersiapkan segala sesuatunya agar hal-hal yang menjadi tujuannya dapat tercapai sehingga mendapatkan kepuasan batin secara maksimal.


Kontes dan atau pameran bonsai ibarat suatu hasil kerja. Untuk memasuki suatu hasil maksimal maka dibutuhkan suatu strategi perang yang handal sehingga mampu keluar sebagai pemenang bukan sebagai korban perang. Berkaitan dengan strategi perang, seorang Sun Tsu menyatakan bahwa barang siapa mengetahui segala hal tentang musuh, mengetahui kondisi diri sendiri dan mengetahui kondisi angin, cuaca dan alam sekitarnya maka kemenangan ada pada dirinya. Inilah teori strategi perang kuno yang menjadi dasar teori intelijen yang banyak dipakai oleh militer, perusahaan bisnis dan lainnya.


Segala hal tentang musuh dapat diartikan sebagai segala informasi yang berkaitan dengan bonsai-bonsai pesaing, dewan juri yang akan melakukan penilaian, pengunjung yang akan melihat dan memberikan apresiasi atas bonsai yang dikonteskan/dipamerkan. Pihak-pihak di atas dapat memberi informasi tentang kualitas bonsai pesaing; kemampuan pemahaman & penilaian dari juri serta kecenderungan selera juri terhadap kualitas bonsai; kemampuan pengunjung dalam menangkap pesan dari bonsai yang kita tampilkan.