CIRI-CIRI & KEUNGGULAN BONSAI KEMUNING

Share:

CIRI-CIRI  BONSAI TANAMAN KEMUNING


Kemuning atau Murraya Paniculata adalah jenis tumbuhan yang banyak ditemukan di Indonesia. Tumbuhan yang satu ini merupakan family dari Rutaceae.

Tumbuhan ini yang juga biasa dikenal dengan nama Murraya exotica; Murraya banati dan Chalas paniculata namun di kalangan para seniman bonsai tanaman ini disebut sebagai orange jasmien .

Di Nusantara tumbuhan ini banyak dikenal dengan nama local yang bermacam-macam, seperti kamuniang (Minangkabau), kamuning/kemuning (Jawa), kuning (Bali), kemuni (Bima), kemiuning (Sumba), Sukik (Bread), eschi (Wetar), fanasa (Aru), kamoni (Ambon), kamuning (Manado) dan Palopo (Bugis).

Kemuning merupakan tumbuhan tropis yang dapat tumbuh hingga mencapai 7 meter. Di Indonesia sendiri tumbuhan ini mempunyai 2 jenis yaitu: kemuning local dan kemuning Jepang.

Daun kemuning berbentuk mirip seperti daun jeruk, namun ukurannya sedikit lebih kecil. Bunganya berbentuk petal, panjang dan berwarna putih dengan ukuran kurang lebih 12 – 18 mm.


KEUNGGULAN BONSAI KEMUNING




Tanaman kemuning sangat mirip dengan anting putri hanya saja dalam struktur anatomi keduanya berbeda.

Saat ini banyak sekali para kolektor yang memburu tanaman yang satu ini. Hal tersebut bukan tanpa alasan, karena dibandingkan dengan jenis tanaman bonsai yang lain bonsai kemuning memiliki beberapa keunggulan Diantaranya;

1. Pohon kemuning memiliki karakter kulit yang berkerak sehingga seolah-olah pohon ini sudah tua.

2. Tumbuhan ini mudah berbunga bahkan dapat berbunga sepanjang tahun. Bunga kemuning juga mempunyai wangi harum yang sangat semerbak yang menjadikannya semakin sempurna.

3. Tumbuhan ini juga kaya akan perantingan sehingga ketika dijadikan tanaman bonsai akan terlihat rimbun.

4. Tanaman ini juga mempunyai buah yang jika telah matang akan berwarna merah dan orange.


Tanaman hias bunga Kemuning merupakan salah satu bunga yang banyak ditemui di perkarangan rumah warga. Daun tumbuhan bunga kemuning seperti daun jeruk. Keindahan tanaman kemuning berada pada bunga dan buahnya. Bunga berbau harum. Sedangkan buahnya berjumlah banyak dan berwarna merah-merah. Daunnya berukuran kecil-kecil sehingga cocok sebagai tanaman hias. Biji-biji tanaman hias bunga ini mudah berkecambah.