WAKTU MENGGANTI TANAH TANAMAN BONSAI DALAM POT

Hal Penting Waktu Mengganti Bonsai Dalam Pot


Waktu mengganti tanah tanaman bonsai pot-Pergantian tanah yang dilakukan pada tanaman bonsai biasanya dilakukan hanya dua tahun sekali. Pergantian tanah dilakukan bertujuan untuk mengganti media yang lama dengan yang baru. Tetapi, jika tanah tidak mengalami masalah, sebaiknya pergantian tanah tidak usah dilakukan.


Pergantian tanah tidak boleh dilakukan apabila tanaman sudah memasuki usia tua. Karena jika pergantian dilakukan ketika tanaman sudah memasuki usia tua. Maka itu akan membuat fungsi tanaman terganggu.

 Mengganti Tanah Tanaman Bonsai Pot


  • Ketika dilakukan pergantian tanah, wadah yang digunakan untuk menanam harus diganti juga. Karena semakin lama tanaman semakin besar, sehingga wadanya juga perlu diganti.
  • Pergantian tanah dilakukan ketika tanah tersebut mengalami, pengerasan, padat dan bersifat asam. Selanjutnya, tunas pada tanaman sulit tumbuh, walaupun kita sudah memberikan pupuk sebanyak mungkin.
  • Jika tanaman tumbuh dengan batang yang kurus, maka kita harus mencurigainya. Karena biasanya tanaman tersebut minta diganti media tanah yang baru, agar tidak mengalami kurus berkelanjutan.
  • Tanaman akan menjadi subur, ketika pergantian tanah dilakukan. Jika pergantian tanah sedang dilakukan, sebaiknya tanah tersebut tidak dalam kondisi basah atau pun lembab.
  • Karena tanah yang basah tau pun lembab, dapat mendatangkan hama baru pada tanah baru yang akan datang.
  • Biasanya, tanah yang akan diberikan untuk pergantian ini harus bersifat gembur, tidak mengeras. Warna daun akan cerah kembali, apabila tanah yang diganti sesuai dengan jenis tanaman bonsai.
  • Jika tanah yang diberikan tidak sesuai dengan jenis tanaman bonsai, tanda-tanda nya dapat berupa seperti daun dan tanaman menjadi kering alias tidak segar lagi.