TIPS & TRICK MEMULAI USAHA DENGAN MODAL KECIL

Jangan Terus Bermimpi dan Takut Resiko Mulailah Usaha!!!!



Sampai saat ini banyak masyarakat yang takut memulai usaha karena alasan tak memiliki cukup uang. Padahal, sebenarnya memulai usaha bisa dilakukan dengan modal kecil. Ada beberapa cara yang bisa dijalankan para pemula untuk merintis usaha dengan modal kecil.


Nah, agar tak penasaran, berikut ini kami jelaskan langkah-langkah awal untuk anda memulai usaha dengan modal kecil.


  1. Pertama, Anda bisa mencari ide usaha tanpa modal. Sebagian dari kita mungkin belum percaya bila bisnis tanpa modal itu memang benar-benar ada. Contohnya saja seperti menjadi pemasar atau reseller sebuah produk hanya dengan bekal katalog atau foto produk. Bisnis reseller produk ini memang belakangan mulai berkembang pesat, terutama setelah angka penggunaan gadget dan internet di kalangan masyarakat mulai meningkat.
  2. Kedua, mulailah dari modal yang Anda miliki. Dalam hal ini modal yang digunakan tentu tak selamanya berupa modal uang. Ketika modal usaha yang Anda miliki terbilang cukup minim, maka alternatif berikutnya yang bisa Anda manfaatkan yaitu dengan mengoptimalkan modal yang telah Anda miliki. Contohnya saja bila Anda memiliki kemampuan Membuat Bonsai / Tanaman Hias maka anda dapat mulai mengembangkannya dapat dilakukan di rumah dengan memajang hasil produk, bila dalam hal memasak, maka Anda bisa merintis usaha yang berhubungan dengan bisnis makanan. Misalnya membuat snack jajanan pasar dan menitipkannya di warung-warung yang ada di sekitar rumah Anda.
  3. Ketiga, manfaatkan peralatan seadanya. Ketika hendak merintis sebuah usaha, tak selamanya peralatan yang Anda gunakan harus baru dan serba canggih. Untuk menyiasati minimnya modal, Anda bisa memanfaatkan peralatan seadanya yang ada di rumah Anda. Contohnya saja seperti memanfaatkan garasi atau teras rumah sebagai lokasi usaha, atau bisa juga memanfaatkan perabot di dapur sebagai alat produksi.
  4. Keempat, pilihlah alat pemasaran yang gratisan. Kendati modal Anda cukup minim, namun sebagai pelaku usaha Anda harus tetap memperhatikan strategi pemasaran usaha. Sebab, tanpa pemasaran dipastikan bisnis Anda tak bisa berjalan dengan seimbang. Karenanya untuk menyiasati minimnya modal, Anda bisa memanfaatkan social media yang menawarkan cara pemasaran secara gratis. Mulai dari Facebook, Twitter, Google Plus, sampai website gratisan seperti wordpress ataupun blogspot.
  5. Kelima, belanjakan modal Anda dengan bijak. Mengingat modal usaha yang Anda miliki sangat terbatas, maka sebaiknya belanjakan modal Anda dengan bijak. Hindari pembelian barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Buatlah rencana belanja dengan bijak agar tak salah langkah dalam mengelola modala usaha.




Setelah memahami kelima tips bisnis di atas, kini tak ada alasan bagi Anda untuk menunda-nunda dalam memulai usaha. Modal kecil tak menjadi penghambat bagi kita untuk sukses merintis usaha. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!