PEMUPUKAN SECARA BERKALA SANGAT PENTING UNTUK TANAMAN BONSAI

Share:

Jenis Pupuk Untuk Tanaman Hias Bonsai & Bakalan


Tanaman bonsai memang membutuhkan perawatan yang khusus dibandingkan dengan tanaman hias yang lainnya. Namun bukan berarti perawatan pohon bonsai itu tergolong rumit dan susah. Supaya tanaman bonsai yang anda miliki bisa tumbuh sehat, anda perlu memupuknya dengan benar.

Mungkin ada yang berfikiran bahwa pemberian pupuk bonsai itu dilarang agar tanaman tetap kecil. Tentunya anggapan tersebut, tidaklah benar. Karena ukuran kecil pada bonsai didapat dengan pemangkasan pada akar dan juga pohonnya yang memang sengaja dibentuk oleh si pemiliknya.Namun ketika anda memberikan pupuk bonsai, jangan sampai anda berlebihan karena justru akan membuat daun dan akarnya seperti terbakar.


Pohon bonsai meskipun tumbuh kerdil juga memerlukan pemupukan agar tetap sehat. Pupuk bonsai ini berbeda dengan pemupukan tanaman yang lainnya. Jika anda salah dalam pemberian pupuknya, alhasil bonsai anda akan tumbuh terlalu subur atau bahkan malah tidak subur.Jenis Pupuk Untuk Tanaman Hias Bonsai

Pupuk bonsai ini dilakukan dengan tepat merupakan salah satu tips pemeliharaan bonsai maupun tanaman hias lain yang cukup penting untuk dipelajari.

Kegunaan, Fungsi dan Tujuan Pemupukan


  • Pemupukan yang dilakukan ini memiliki tujuan untuk mengganti dan menyediakan unsur-unsur hara yang telah terkuras ataupun berkurang karena digunakan oleh tanaman untuk proses pertumbuhannya. Salah satu jenis pupuk bonsai yang dimanfaatkan sebagai nutrisi tanaman adalah pupuk organik.
  • Pupuk bonsai organik itu seperti halnya pupuk kandang, kompos ataupun humus yang digunakan sebagai dasar tempat hidup tanaman.
  • Penggunaannya bisa dilakukan dengan mencampurnya ketanah pada saat dilakukan penyemprotan tanaman. Pupuk bonsai ini memang sangat baik agar keadaan tanah menjadi gembur, mudah untuk ditembus akar dan dapat menyimpan udara serta air.
  • Pemupukan dan juga pemangkasan memang salah satu proses perawatan tanaman yang sangat penting. Apabila proses pemangkasan dan pemupukan tidak anda lakukan pastinya tanaman anda akan mengalami masalah. Seperti halnya tanaman anda akan layu dan bentuknya tidak akan beraturan.
  • Pemupukan pada tanaman bonsai memang bertujuan untuk mempersubur tanaman bonsai. Pupuk yang akan anda berikan untuk tanaman bonsai tidak boleh sembarangan. Karena kesalahan pupuk bisa membuat batang bonsai menjadi kurus dan sulit untuk berbunga.
  • Anda perlu melakukan pencampuran antara pupuk organik, pupuk kandang dan pupuk kimia sesuai dengan takarannya. Pencampuran pupuk kimia janganlah terlalu banyak, sebab tanaman bonsai tidak tahan terhadap zat kimia yang terlalu banyak.
  • Bila anda tidak ingin memberikan pupuk yang tidak tercampur zat kimia, anda bisa memberikan pupuk kandang saja agar tidak terjadi masalah pada tanaman anda.
  • Namun bila hanya pupuk kandang saja tanpa adanya campuran pupuk yang lain pertumbuhan tanaman bonsai anda juga akan lambat. Untuk itu lebih baik anda melakukan pencampuran pupuk sesuai dengan takarannya.
  • Lakukanlah pemupukan dengan dosis yang tepat, disarankan pemupukan dilakukan setiap satu bulan sekali. Anda bisa menggunakan pupuk sesuai dengan kebutuhan pohon bonsainya.
  • Selain pupuk untuk tanamannya, ada baiknya anda juga memberikan pupuk untuk daunnya sebanyak tiga kali perbulan. Nah, semoga ulasan ini ini bisa bermanfaat bagi anda dalam merawat tanaman bonsai yang cantik ini, 

selamat mencoba

No comments