CARA SIMPEL MEMBUAT POT BONSAI UNTUK PENJING / LANDSCAPE

Share:

Membuat Pot Menggunakan Cetakan dari Kayu Propil Plapon



Untuk membuat pot Bonsai  untuk Penjing atau Landscape Panorama anda bisa berkreasi menggunakan Les Plapon Propil sebagai Cetakan/malnya. , anda cukup  menyiapkan les plapon untuk membuat cetakan pot bonsai ukurannya bisa disesuaikan dengan keingginan masing masing dengan memperhatikan ketebalan upayakan tidak terlalu tebal kurang dari 3 cm, karena ini akan mempengaruhi berat pot bonsai namun tetap kokoh dan cantik dilihat.
.



Bahan Bahan & Peralatan   :
  • Peralatan yang dibutuhkan adalah sekop adukan, sendok semen, kunci besi dan meteran 
  • Bahan : Semen, Pasir, Besi 6 ml/ kawat Jemuran tebal & Oli bekas dan Cat Genteng
Proses Pencetakan Pot 
  • Setelah cetakan siap, lumuri cetakan dengan minyak mineral (Oli Bekas, solar atau minyak tanah) atau pelumas semprot. Langkah ini akan memudahkan kita saat mengeluarkan pot dari cetakan. 
  • Proses Mencetak : Setelah cetakan selesai anda dapat menyiapkan kawat atau besi kecil ukuran 6 ml dan lingkarkan untuk mencegah pot adukan yang terdiri dari Semen dan Pasir dengan Perbandingan minimal 1 Semen : 3 pasir tambahkan air secukupnya  lalu aduk sampai rata dan masukkan kecetakan les
  • Gunakan Sendok Semen untuk meratakan seemen di cetakan secara bertahap 
  • Setelah rapi adukan semen diamkan selama 2 hari selanjutnya dapat dilepaskan dan dilakukan perapian menggunakan acian/ semen murni dapat menggunakan kuas atau busa untuk menutupi pori pori dan merapikan hasil cetakan agar halus dan selanjutnya dicat biasanya menggunakan cat genteng, untuk bonsai disarankan warna Coklat, Hitam atau putih.
Bila hasilnya belum maksimal mintalah bantu dengan tukang karena pekerjaan ini biasa dilakukan tukang bangunan untuk mengajari anda untuk mencetak pot tersebut bila belum rapi.....

Selamat Mencoba !!!!


No comments