TIPS & TRICK MEMPERLAKUKAN AKAR BONSAI DI ATAS KARANG/BATU

Share:

TIPS Memperlakukan akar BONSAI


Tips untuk menanam bonsai yang hidup di dalam rongga Karang/batu tetapi akarnya tidak menembus ke media tanam dalam pot, pohon bonsai bisa diselipkan di rongga-rongga batu karang dengan sistim Bor atau pemampaatan batu/karang yang ada rongga untuk diisi tanah dan media tanam.

Apabila akarnya sudah besar bisa langsung dimasukkan ke dalam karang lalu di tanam di dalam tanah selama tiga hingga lima bulan, setelah itu dicek kembali. Jika akarnya ada yang keluar, maka dimasukkan kembali ke dalam rongga dan ditanam lagi. untuk mempermudah gunakan bahan bonsai yang tidak terlalu besar dan gunakan kawat untuk mempercepat pembentukan cabang dan ranting terarah agar dapat sesuai dengan bentuk batu/karang yang digunakan.

Trick Membuat Bonsai Unik Di Atas Batu



Trick Selanjutnya Langkah  untuk membuat bonsai diaatas karang/batu akarnya menjuntai yaitu mengatur akarnya supaya menyebar dan menjulur ke bawah. perlakuan ini dapat dilakukan dengan memasukkan karang beserta tanaman bonsai ke dalam pot plastik atau polibek dengan camppuran media sekam, tanah dan pupuk selalama s/d 2 bulan

Tetapi jika tanaman bonsai yang akan kita buat memiliki akar serabut, kita bisa menggunakan sedotan sebagai alat bantunya. Sedangkan untuk menanam bonsai agar pohonnya tumbuh dalam batu, dengan akar mencengkram batu yang perlu dilakukan yaitu dengan mencampur tanah liat dengan humus kemudian ditempelkan pada batu karang


Agar tanah liat tidak cepat kering, tutup dengan menggunakan mos, sekam atau lumut hijau lalu ikat dengan tali rafia. Biarkan akar bonsai tumbuh menjulur ke bawah hingga menembus ke media tanam.

Siram setiap hari, dan lambat laun tanah liat tersebut akan terkikis bersama dengan siraman air sehingga bisa kita peroleh hasil tanaman bonsai yang mencengkram batu karang. Jangan lupa untuk dilakukan perawatan terhadap pohon bonsai yang kita tanam.

Selamat Mencoba & Berbagi Ilmu

Salam Central Bonsai.Com

No comments