TIPS & TRICK 4 TEKNIK UNIK KARYA SENI BONSAI KAYU MATI

Share:

Tambahan Seni di Bonsai UNIK




Bonsai yang masih berumur muda atau belum mencapai belasan tahun dapat diberikan efek-efek agar terlihat tua dengan cara memahat tanaman bonsai, banyak teknik untuk memahat bonsai diantaranya yaitu :

1. Teknik Jin


Jin berarti mematikan batang atau cabang tanaman sampai ke ujungnya dan membiarkannya pada kedudukan semula. Dialam terbuka jin dapat terjadi secara alami misalnya karena pohon tersebut tersambar petir, anda dapat membuat jin dengan menghilangkan kulit pada tonjolan batang atau cabang besar, untuk mendapatkan kesan alami bonsai dipahat dengan bentuk tertentu. Dalam pembuatan jin harus sangatlah berhati-hati karena rawan menyebabkan infeksi, dan pengelupasan kulit yang banyak akan menyebakan terhentinya pertumbuhan pada bidang yang dikelupas.

2. Teknik Shari


Shari atau sharimiki adalah bagian tanaman yang terkelupas kulitnya atau mati sebagian, membuatnya cukup mudah dan harus tetap berhati-hati dengan mengelupas kulit pada sebagian batang bagian atas atau akar yang di inginkan. Kulit pohon tidak boleh dikelupas secara melingkar penuh, karena kambium akan hilang dan aliran nutrisi ke atas keratan tadi akan hilang.

3. Teknik Saba


Teknik ini berarti membuat lekukan atau celah yang memanjang batang atau cabang bonsai, dengan kombinasi jin akan membentuk tanaman yang seolah seperti tulang duri ikan.

4. Teknik Uro


Lubang mati pada bonsai baik yang terjadi secara alami ataupun sengaja dipahat, penambahan uro pada batang bonsai akan menambahkan kesan tua, uro juga dapat dimanfaatkan untuk menyamarkan bekas pangkasan cabang.

Empat Teknik tadi dapat diterapkan sebagai tambahan seni bonsai menggunakan peralatan seperti pahat dan bor sedangkan untuk jenis tanaman bonsai dari bahan yang berkayu keras seperti, Santigi, Wahong, Jeruk Kingkit, dll.

Selamat Mencoba.....!!!!
Central Bonsai.com

No comments