MENCIPTAKAN LAPANGAN KERJA BARU DARI BONSAI

Peluang Usaha Dari Bonsai Menciptakan Lapangan Kerja Baru


Pohon Bonsai ternyata banyak memberi manfaat bagi pemeliharanya, selain bisa memberi sarana hiburan hobi masyarakat yang murah, bonsai menjadi sumber penghasilan.


Pondok Bonsai terletak di Kelurahan bentiring Permai, Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu, salah satu Galeri Bonsai yang berkembang dari sekedar  pehobi bonsai yang telah cukup lama menekuni Bonsai . Menurut pemiliknya bonsai bisa mendatangkan Pendapatan bila dikembangkan dengan baik,  sekaligus sarana hiburan bagi masyarakat guna pengenalan tentang bonsai.


Bermodalkan lahan seluas 1000 meter persegi, pondok bonsai  telah mengoleksi lebih dari 1.000 pohon bonsai dengan puluhan jenis tanaman, baik tanaman lokal maupun luar Bengkulu. 


Walaupun pendapatan dari bonsai memang tidak pasti dan menentu, karena pembeli tidak datang setiap hari namun dengan ketekunan usaha Pondok Bonsai terus berkembang dan dapat memperkerjakan 3 Karyawan dan 1 trainer. dengan penghasilan jutaan perbulan bila diulah dengan tekun dan ulet.


Untuk bonsai bakalan bibit pondok bonsai  tidak mematok harga mahal sekitar Rp.100 s/d 300 ribu per batang pohon, untuk bonsai yang sudah terbentuk antara Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta. Sedangkan bonsai yang siap dinikmati namun masih dalam pengembangan bisa mencapai Rp 2 s/d 5 juta. 


Pondok Bonsai Bonsai berharap nantinya dengan berjalannya usaha semakin banyak masyarakat dan penghobi baru terutama bagi mereka yang tidak memiliki lahan tanah yang luas. Karena bonsai selain karya seni  bisa ditanam di dalam pot, baik di halaman rumah, maupun di teras rumah.

Salam Pondok Bonsai Galery
Central Bonsai.Com