TIPS & TRICK MEMILIH & MENGOLAH BAKALAN BONSAI YANG BAGUS

Share:

Cara Memperoleh dan Penyeleksian Bakalan Bonsai



Untuk memperoleh bakalan Bonsai dapat dilakukan dengan  cara :

1. Dari Alam 

Biasanya type ini bisa kita ketemukan melekat di pohon lain (di atas pohon kelapa, kelapa sawit, pohon yang beberapa tumbuh melekat di atas bangunan tinggal dan tak terurus, tumbuh di pinggiran sungai, muara, tebing, pinggiran rawa dan batu-batu karang, tanaman ini seperti jenis ficus, santigi, wahong,serut, sisir, dan lainnya.

Kelebihan bakalan dari alam ini mempunyai wujud yang sudah terbentuk oleh alam (di karenakan tiupan angin, kerdil sebab kurang makanan, keropos karena termakan usia dan terkena penyakit,  Jika pilihan kamu jatuh terhadap pencarian di alam baik mencari sendiri atau berkelompok bersama teman yang tau dimana lokasi terdapat bakalan bonsai 

2. Dari Rumah Penduduk

Tanaman bakalan bonsai ini dapat diperoleh dirumah-rumah penduduk yang biasanya sering ditanam untuk hiasan taman jenis beringin/ficus dan tanaman obat seperti jeruk kingkit, kemuning.

3. Dari Pembiakan Sendiri / Membeli Bakalan 
  • Cangkokulasi ; perbanyak melalui trick mencangkok, stek, okulasi. Memperbanyak melalui tips ini mampu di kerjakan pada seluruh pohon atau tanaman yang penuhi prasyarat bonsai.
  •  Anakan dari akar ; membawa anakan dari akar ini benar benar enteng di kerjakan, anakan akan tumbuh lebih kurang tanaman induknya, tumbuh dari akarnya anakan tanaman sisir.

Trik Memilih dan Mengolah Bakalan Bonsai


  • Memilih Bonsai yang mempunya gerak batang tidak tumbuh lurus saja.
  • Menentukan bentuk menarik dan bisa dipola, serta ukuran yang di dapat bonsai jangan terlampau besar. 
  • Bentuk pohon sudah menampakkan ciri tua bonggol bergumpal dapat ditemukan bila tanaman bahan ini pernah dipangkas masyarakat 
  • Cermati posisi akar akar bonsai yang di dapat ; upayakan mencari akar yang simetris. Tetapi telah tentu mesti serasi bersama tipe juga bentuk bonsai yang kita kehendaki.
  • Carilah pojok pandang bakal bonsai yang akan menjadi depan atau belakang dari bakalan bonsai, jika sudah di ketemukan selanjutnya bisa kamu gunakan.
  • Menentukan bakalan bonsai yang memiliki umur panjang.
  • Cermati apakah tipe tumbuhan (yang di dapat bonsai) tetap masih hidup atau sudah kering. Kadang-kadang indikator tumbuhnya daun pun tangkai baru tidak menanggung bakal bonsai dapat hidup, kerena kerap dapat tumbuh ranting muda di karenakan menggunakan daya juga nutrisi di batang.
  • Pastikan kategori tumbuhan dari bakalan bonsai bisa kita ketahui bentuk daun serta ketahanan tanaman. Apabila kita ketahui bahwa bentuk daun dari tumbuhan itu berdaun yang tak terawat barangkali buat di kecilkan lebih baik tanaman itu tak di jadikan bonsai.
  • Untuk jenis tanaman tertentu seperti Beringin dapat dilakukan penyetekan dengan jenis beringin lain seperti Beringin Dolar/Elegant & Wahong dapat di sambung Sancang (lihat Artikel Wacang  terdahulu).


Demikianlah tentang Trik Memilih dan mengolah  Bakalan Untuk Bahan Bonsai semoga dapat membantu anda dalam proses membuat bonsai.