TIPS & TRICK MENGAMBIL & MENGOLAH DONKELAN KEMUNING UNTUK BONSAI (4 Tahap)

Share:

Penjelasan Tentang Tanaman Kemuning

Tanaman bonsai Kemuning yang mempunyai bahasa latin Murraya paniculata merupakan tanaman yang berasal dari famili Rutaceae. Tanaman ini banyak dijumpai dan tumbuh Indonesia. Tanaman Kemuning mempunyai bentuk daun seperti daun beringin namun ukurannya lebih kecil. Tanaman ini mempunyai bunga yang pada umumnya berwarna putih seperti bunga melati dan bunga tanaman santigi. Karena memiliki daun yang kecil ini tanaman Kemuning banyak dimanfaatkan sebagai bonsai.


Harga untuk tanaman bonsai terbaik tentu tidaklah murah namun anda masih tetap bisa memilikinya. Penggemar tanaman bonsai tidak hanya bisa memilih tanaman beringin saja, namun anda juga bisa mendapatkan tanaman bonsai kemuning jepang. Tanaman ini juga memiliki nilai yang cukup baik karena kesannya yang cantik serta bisa membuat taman rumah anda terlihat lebih indah. Tidak seperti pohon kemuning pada umumnya, bonsai jepang ini memiliki keunikan yang membuat tanaman ini banyak di gemari oleh masyarakat.foto bonsai jepang.


Jika anda menyuka tanaman bonsai dengan bentuk yang cantik serta daun yang tidak terlalu besar maka anda bisa memilih tanaman bonsai jepang. Ukuran daun dari tanaman kemuning jepang sangatlah kecil dan tidak seperti tanaman kemuning yang ada di Indonesia. Daun kecil dengan batang yang sangat cantik memiliki daya tarik yang sangat baik bagi anda pecinta tanaman. Anda bisa menambah koleksi tanaman anda dengan memilih tanaman bonsai tersebut.

Tips dan Proses Mengambil Donkelan Kemuning Agar Tidak Mati

Karena kecantikan daun dan batangnya , Tanaman ini sekarang banyak digunakan sebagai tanaman bonsai kemuning oleh para penggemar bonsai. Selain itu harga jual bonsai ini juga cukup tinggi.namun banyak penghobi sering gagal dalam memproses bahan bakalan bonsai yang ditemukan atau hasil buruan di alam atau di pekarangan rumah.


Berikut kami jelaskan cara pengambilan bakalan agar tidak stres atau mati :

1. Tahapan Persiapan 
Gunakan peralatan untuk mendongkel dan membongkar tanaman seperti cangkul, gergaji, catok dan gunting, tali pengikat,.kemudian persiapkan alas bakalan berupa karung atau baskom besar tergantung besar kecil bahan kemuning tersebut. dan siapkan media tanam berupa campuran tanah, sekam padi dan pupuk kandang.

2. Tahapan Pemangkasan dahan Bakalan Kemuning Sebelum Diangkat
Untuk mengurangi tingkat stres tanaman kemunig sebelum dilakukan pendongelan lakukan pemangkasan dan proses pembentukan dahan menggunakan gergaji dan catok mengikuti karakter bonsai dengan memperhatikan tampilan terutama depan/muka Bonsai.

Yang sangat penting pada tahapan ini jangan membuang keseluruhan ranting sampai gundul karena tanaman kemuning akan rawan mati cabang dan ranting bila gundul untuk alternatif sisakan ujung ranting atau tunas terdekat dibawah potongan.selanjutnya bersihkan gulma dan rumput liar dibawahnya.
3. Tahapan Penggalian/Pembongkaran Bakalan Kemuning
Untuk tahapan ini sebelum dilakukan persiapkan karung atau baskom yang sudah dilobangi kemudian campur media tanam dan pupuk dibawahnya.
Lakukan Penggalian keliling pada pokok batang kemuning dengan terlebih dahulu mengorek tanah di pangkalnya sehingga dapat terlihat pola akar atas slanjutnya dilakukan penggalian dengann jarak lebih kurang 20 cm s/d 40 cm dari pangkal pohon tergantung besar kecil tanaman.

Gambar dibawah Untuk Pedoman bentuk pendongkelan kemuning :


Yang sangat penting pada tahapan ini upayakan tanah di pangkal tidak hancur kara tanaman ini rawan mati bila akar halus/ serabutnya banyak putus dan jangan dipaksa untuk dicabut, lakukan pemotongan akar saat menggali menggunakan gergaji. di lingkaran potong kemudian setelah terpotong semua baru diangkat dan masukkan ke karung/baskom wadah sementara sebelum dibawah upayakan tetap membawa tanah yang melekat di pangkal batang dan akar jangan dihancurkan.(disinilah banyak penghobi bonsai gagal danmenyebabkan pohon kemuning dongkelan sering mati karena akar dan daun digunduli semua seperti tanaman jenis ficus).

4. Tahapan Pemeliharaan dan Proses pembentukan Bonsai Kemuning
Setelah tiba dirumah atau tempat pengolahan bonsai maka bonsai ditaruh di tanah dan diteduhkan dapat dibawah pohon peneduh atau gunakan paranet agar bakalan yang baru didongkel tidak terlalu kepanasan terkena cahaya matahari lakukan proses ini sampai tanamna ini tumbuh tunas baru 1 s/d 2 minggu.
Selanjutnya Bakalan Bonsai ini dapat kita proses pembentukan dahan, ranting, anak ranting dan seterusnya menggunakan aturan dan  berdasarkan  petunjuk teknis bonsai, dibutuhkan kesabaran. Bonsai Kemuning merupakan jenis pohon keras dan kokoh dibutuhkan waktu 2 s/d 5 Tahun untuk menjadi Bonsai Kemuning yang Cantik.

Semoga Bermanfaat dan Selamat Mencoba
Centralbonsai.com