TIPS & TRICK PENJING KREATIFITAS SENI BONSAI

Share:

SENI PENJING PADA BONSAI



Penjing bukanlah sekadar pemandangan dalam pot yang dikagumi karena keindahannya saja. Tujuan utama dari para seniman penjing adalah menangkap esensi dan roh objek yang bakal dibikin miniaturnya. Tidak hanya mengambil objek langsung dari alam. Inspirasi bahkan bisa juga berasal dari puisi tentang alam dan juga lukisan pemandangan alam.


Saat ini seni membuat miniatur tanaman anal Tiongkok ini seringkali dipisahkan secara tegas dari bonsai. Miniatur lanskap dalam pot alias berwujud pemandangan clam atau dominasi bebatuan disebut penjing. Sementara miniatur yang didominasi pohon baik tunggal maupun grouping cenderung disebut bonsai. “Sebenarnya sama, yang berbeda hanya nuansanya saja. Penjing atau bonsai Cina cenderung lebih puitis ungkap pakar.



Seni yang berkembang sejak zaman Dinasti Tang itu memang mengenal paling tidak tiga variasi kategori. Kategori pertama adalah shumu penjing alias penjing pohon yang menempatkan pohon sebagai tokoh utama.


Kategori kedua, shanshui penjing alias penjing lanskap yang menonjolkan figur bebatuan sebagai elemen utama dan dominan. Sementara kategori ketiga adalah shuihan penjing alias penjing air dan tanah yang menggabungkan unsur panorama daratan dan perairan. Semisal mengambil bentuk miniatur dari suatu pemandangan alam di tepi sungai atau danau.

No comments