TIPS & TRICK MEMBUAT BONSAI AIR TERJUN (CASCADE) CANTIK

Share:

Membentuk  Bonsai  Air Terjun Cantik


Bentuk anak air terjun ini batang utamanya agak tegak lalu berbengkok jatuh kebawah dengan berbagai lekukan selanjutnya hingga sejajar dengan alas pot untuk menimbulkan bentuk jatuhnya air pada anak air terjun.


Untuk Jenis Tanaman Bonsai yang bisa dibuat untuk bonsai air terjun hampir seluruh jenis dapat digunakan asalkan bentuk pohon memenuhi ciri gerak batang kebawah dapat dibuat jadi bonsai cascade/ semi cascade.( Artikel Sebelumnya).

Bentuk pot berbentuk bulat atau segi enam lebih cocok untuk jenis bentuk ini, diawal pertumbuhan tanaman lebih baik diletakan pada bagian pinggir pot. Penempatan awal batang utama dibagian pinggir pot bertujuan untuk mempermudah pembengkokan awal. Penggunaan kawat akan banyak digunakan dalam proses pembentukannya sehingga diperlukan keahlian yang cukup untuk mengembangkannya.


Bentuk anak air terjun membutuhkan suatu kecermatan dalam melakukan pemangkasan maupun perawatan. Keseimbangan antara dahan dan ranting menjadi suatu tujuan bentuk bonsai anak air terjun dimana agar terlihat lebih alamiah. Jenis pohon cemara dari berbagai macam speciesnya cocok untuk dijadikan bonsai dalam bentuk anak air terjun.

Tips Program Bonsai Air Terjun / Cascade/Semi Cascade

untuk membuat bonsai air terjun / cascade maka dapat dilakukan hal-hal sebagai berikut :

  1. Pemilihan Bibit dapat diprogram : pergunakan kawat bonsai / gunakan cabang kayu untuk mengarahkan batang tumbuh ke bawah melingkar sesuai keunikan masing-masing.
  2. Untuk Bakalan yang cocok : dilakukan dengan menyotir bakalan yang ada memiliki ciri gerak batang meliuk ke bawah.
  3. Pemangkasan cabang : lakukan pemotongan Cangkah/cabang yang ada sehingga tidak saling menutupi dan bila masih terlalu kecil lakukan sistim pengelosan cabang agar imbang dengan pohon
  4. Pengaturan Ranting dan Daun : Usahakan membuat pola bertingkat sehingga keseluruhan dapat terlihat jelas sampai kebawah.
  5. Pengecilan dahan / Gradasi : Perlu dipertimbangkan atur dan upayakan pengecilan cabang dari pangkal ke ujungnya harus terlihat gunakan peralatan bantu untuk pengecilan atau sistim pemotongan/cating pengecilan
  6. Penggunaan Karang / Batu Gunung : untuk membantu mempercantik bonsai air terjun yang dialamnya tumbuh di pinggiran batu / jurang sehingga menjuntai kebawah menambah kesan alami.
  7. Pemilihan Pot yang Cocok : Untuk pot yang sesuai usahakan gunakan pot yang tinggi dan dibantu dudukan bonsai / hong untuk menggantung pohon kebawah..
  8. Lakukan Perawatan : dilakukan seperti pemeliharaan bonsai biasa dengan pemupukan, pemangkasan, pengarahan cabang, dan penanggulanan hama penyakit sesuai aturan.


Selamat Mencoba : Central Bonsai com

No comments