CARA MENATA & MEMELIHARA BONSAI DIRUMAH KITA

Menata Bonsai di Rumah


Masing-masing bentuk bonsai memiliki tingkat kesulitan dan teknik tersendiri untuk merawatnya. Lantaran bentuknya yang susah itu, harga bonsai bisa mencapai puluhan juta rupiah bila telah mendekati kesempurnaan dan menang ditingkatan Utama Kontes Bonsai.

Sama halnya dengan perbedaan Nilai harga bonsai yang berbeda-beda, masa tumbuh bonsai juga sangat bervariasi. Ambil contoh, untuk bonsai kecil yang memiliki tinggi antara 5-15 cm membutuhkan waktu tumbuh sekitar 1-2 tahun. Sementara untuk bonsai berukuran 60 cm, waktu persiapannya sekitar 2-4 tahun. dan Bonsai Besar 4-10 tahun bahkan belasan tahun baru menampakkan kesempurnaan.



Tanaman bonsai dapat dikerdilkan dengan proses dipotong bagian akar dan rantingnya. Kemudian pohon dibentuk dengan bantuan kawat di sisi ranting serta tunasnya. Kawat harus sudah diambil sebelum sempat menggores kulit ranting pohon tersebut. Pohon yang dibonsai umumnya berupa kayu, misalkan pohon beringin, pohon buah-buahan, atau bisa juga pohon yang berbunga.

Tanaman bonsai yang baik dapat menghias pekarangan luar Anda sepanjang tahun. Keartistikan suatu tanaman bonsai bisa dilihat dari keseimbangan ukuran batang, daun, ranting, bunga atau buah, dan pot yang digunakan. Wadah pot yang dipakai haruslah mendukung suasana pohon yang akan ditanam.


Untuk Tahapan Pemeliharaan dapat dilakukan secara berkala seperti penyiraman, pemangkasan, Pengelosan ranting, pemupukan dan menjaga dari hama penyakit dengan penyemprotan.agar bonsai dapat terus berubah dari waku kewaktu semakin indah dan cantik.