TRIK DAN TIPS PENJUALAN TANAMAN BONSAI ANDA

Share:

Proses Sebelum Memasarkan Bonsai


Seperti kita ketahui, bonsai adalah sebuah seni mengerdilkan tanaman yang pada jaman Meiji di Jepang banyak dilakukan oleh para bangsawan dan kaum samurai di pulau Edo. Seni ini bertujuan untuk menghadirkan miniature dari pohon tertentu yang pada ukuran aslinya adalah pohon yang sangat besar untuk menghiasi rumah maupun taman. Ketika Anda menetapkan untuk menekuni usaha jual pohon bonsai, maka mengerti dan memperlajari mengenai bonsai sangat penting untuk membantu Anda menawarkan produk terbaik kepada calon pelanggan sekaligus memberikan tips dan masukan untuk perawatan dari produk yang Anda tawarkan.

pohon bonsai mungkin sudah menjadi pilihan Anda untuk dijadikan sebagai sumber penghasilan tambahan. Untuk membantu Anda meraup sebanyak mungkin keuntungan dari usaha Anda tersebut, ada baiknya Anda membaca ulasan di bawah ini karena Anda akan menemukan beberapa tips praktis yang dapat Anda terapkan dalam usaha Anda. Tentunya Anda harus memilih tips yang benar-benar sesuai dengan kondisi usaha jual pohon bonsai Anda.


Memasarkan Pohon Bonsai  ke Pembeli,  Hal-Hal Yang Perlu Untuk Dipertimbangkan :

  • Jenis Pohon Yang Akan Dijual
Kita Harus Paham beberapa jenis pohon sengaja dibuat untuk ditempatkan di dalam rumah, sebagian lagi untuk diletakkan di luar ruangan seperti taman maupun teras rumah. Anda juga harus melengkapi diri dengan pengetahuan mengenai minat pasar terhadap jenis pohon bonsai tertentu karena hal ini berpengaruh besar terhadap hasi lpenjualan Anda. Ada beberapa jenis bonsai yang menjadi ‘best-seller’ karena banyak digemari pembeli. Anda dapat menyetok dan memasarkan produk tersebut dalam jumlah lebih banyak. Tentukan juga ukuran tanaman bonsai yang ingin Anda pasarkan di tempat Anda jual pohon bonsai. Usahakan agar Anda memilih tanaman yang masih kecil untuk mempermudah Anda dalam merawatnya sebelum ada pembeli yang membeli produk tersebut.
  • Menanam & Mengolah Sendiri 


Sebaiknya Anda tentukan apakah Anda akan menanam sendiri pohon yang akan jual atau Anda membeli yang sudah jadi dan menjualnya kembali, tentu saja dengan mengambil keuntungan dari pohon yang akan Anda jual tersebut.
Pilihan pertama untuk menanam sendiri pohon bonsai Anda sepertinya paling tepat untuk usaha jual bonsai dalam skala besar karena dibutuhkan modal yang besar serta usaha yang lebih banyak untuk menanam dan merawat pohon-pohon tersebut sebelum akhirnya dijual.
Anda dapat memulai usaha jual pohon bonsai Anda dengan membeli pohon yang sudah jadi dan menjualnya kembali. Seiring dengan berjalannya waktu, Andapun dapat sambil menana sendiri pohon bonsai Anda dan menjual hasilnya kepada pelanggan.


Bagaimana Cara Memasarkan Pohon Bonsai 

Ada beberapa cara yang dapat Anda terapkan ketika ingin memulai usaha jual pohon bonsai Anda, antara lain sebagai berikut:


o Sebelum Menjual 

Sebelum memasarkan sebaiknya apabila ada Pameran dan Kontes Bonsai sebaiknya anda Ikut serta untuk mengenalkan tanaman bonsai anda dan sambil terus menambah pengetahuan tentang Bonsai.

o Memajangnya di pinggir jalan

Anda harus mencari beberapa tempat strategis untuk memamerkan produk unggulan Anda sehingga setiap orang lewat bisa melihatnya dan tertarik untuk membelinya.

o Membuka Gerai Khusus

Ini memerlukan modal yang cukup besar untuk menyewa tempatnya. Keuntungannya, Anda tidak hanya dapat memamerkan produk berupa pohon bonsai untuk dijual, tetapi juga segala macam peralatan dan perlengkapan yang berhubungan dengan bonsai. Buku-buku mengenai cara menanam dan merawat bonsai pun dapat Anda tawarkan di sini.

o Menjual Secara Online

Hal yang kini banyak dilakukan orang untuk mencari penghasilan tambahan mereka. Untuk jual pohon bonsai online usahakan agar Anda memiliki website yang representative dan jangan lupa mengupdate web tersebut serta mengoptimasinya untuk mendatangkan lebih banyak pelanggan.