TRIK BONSAI CANTIK DIATAS KARANG


Bentuk dari bonsai  menjadi daya tarik tersendiri. Maka tak heran, jika tanaman bonsai dengan bentuk yang unik dan langka mempunyai nilai jual yang tinggi. Para kolektor bonsai tidak peduli dengan harga, yang terpenting koleksinya bertambah. Hal tersebut bisa Anda jadikan peluang usaha. Variasi bonsai diatas karang merupakan salah satu trik membuat bonsai terlihat unik dan cantik.

 

Proses Pengerjaan

1. TAHAP PERSIAPAN BAHAN DAN ALAT

Membuat bonsai pohon beringin tidaklah susah, akan tetapi butuh kreatifitas dan kesabaran yang cukup tinggi dalam pembuatannya. Hal pertama yang harus Anda ketahui sebelum membuat bonsai adalah mempersiapkan bahan dal peralatan yang mendukung kegiatan pembonsaian.

Bahan yang pertama, tentu Anda membutuhkan pohon bonsai yang memiliki akar yang kokoh dan panjang seperti jenis beringin atau sancang. Pilih pohon beringin yang sudah berukuran cukup besar dengan pola sesuai kesukaan Anda. Setelah pohon tersedia, selanjutnya siapkan media tanam berupa pot berukuran sesuai dengan karakter pohon.

Pot nanti akan diisi dengan media pengisi yang berstruktur pada dan mengandung unsur hara. Peralatan lain yang diperlukan adalah kawat stainless steel dengan ukuran 3 milimeter dan gunting tanaman untuk kebutuhan pembentukan pola pada bagian batang bonsai.

2. PEMILIHAN KARANG / BATU GUNUNG/KARANG MINIATUR SEMEN

Pada proses pemilihan karang disesuaikan dengan jenis dan karakter pohon dan akar  di atur agar akar dapat masuk ke celah karang dan melilit ke karang selanjutnya dimasukkan ke pot / polibek besar usahakan seluruh akar dan karang dapat tertimbun seluruhnya dengan tanah dicampur pupuk dan usahakan media tanah dicampur sekam untuk mempermudah proses pertumbuhan akar mengurangi kepadatan tanah.di tanam kurang lebih 2 s/d 3 bulan.


3. PEMBENTUKAN POLA DI POT

setelah 3 bulan tanaman diangkat dari pot  ditata di atas pot bonsai yang sesuai selanjutnya untuk dahan dan ranting bonsai dibentuk dengan kawat stainless steel sehingga membentuk pola sesuai kehendak Anda. Kawat selain berfungsi untuk membentuk batang bonsai ke pola tertentu, juga berguna untuk menahan dahan. Perlakuan ini tidak ada aturan pasti harus berapa lama, Anda bisa membentuk pola sampai mendapatkan pola sesuai keinginan.

Proses pembentukan pola harus dilakukan dengan hati-hati dan jangan sampai membuat kawat patah. Cara membentuk pola bonsai beringin adalah dengan melilitkan kawat secara melingkar pada pola dari pangkal dahan menuju ujung dahan. Jika merasa kesulitan, Anda bisa menggunakan tang untuk membantu memudahkan dalam melilitkan kawat. Lilitan kawat bisa diatur kencang, karena biasanya bekas jalur kawat akan menjadi hiasan yang bagus saat bonsai sudah besar.

4. PERAWATAN BONSAI DI KARANG / KARANG BUATAN

Cara  melakukan perawatan standar sebagaimana tanaman lain juga mendapatkan perawatan serupa. Ada tiga kegiatan dalam perawatan bonsai beringin, yakni pemupukan, penyiraman, pemangkasan, dan penyiangan.

Pemupukan. Pupuk yang digunakan bisa dibuat dari pupuk organik yang dilarutkan bersama air. Atur agar takaran pupuk tidak berlebihan sehingga tidak timbul masalah di kemudian hari. Pembuatan pupuk juga tidak bisa sembarangan, ada unsur-unsur yang harus terpenuhi seperti nitrogen, fosfor, dan potasium. Ketiga unsur tersebut sangat penting untuk pertumbuhan setiap tanaman, termasuk bonsai diatas karang.
Penyiraman. Siram media pertumbuhan pada pot bonsai dengan air bersih secara rutin setiap hari. Sekadar tambahan, Anda bisa mencegah tumbuhnya gula pada tanaman dengan memberikan lumut pada permukaan media tanam. Kegiatan ini juga berlaku pada pembuatan dan perawatan bonsai kelapa.
Pemangkasan dan Penyiangan. Pemangkasan tidak harus mendahulu proses penyiangan. Pemangkasan sendiri dilakukan pada dahan dan daun-daun. Sedangkan penyiangan perlu dilakukan jika Anda tidak menggunakan lumut. Bersihkan rumput-rumput liar yang tumbuh di sekitar media tanam. Penyiangan dan pemangkasan bisa membuat bonsai tetap terlihat menarik dan rapi.


5. PELEPASAN KAWAT

Apabila batang sudah menenggelamkan kawat, maka segera lepaskan lilitan kawat yang dipasang untuk membentuk batang tersebut. Pada tahap ini batang bisa dipastikan ikut terbentuk. Setelah kawat dibuka, berikutnya Anda hanya perlu memperhatikan pertumbuhan bonsai.

Jangan lupa juga untuk menempatkan bonsai di tempat yang teduh dan terhindar dari sinar matahari panas. Sampai sini, Anda sudah berhasil mengikuti langkah-langkah pada cara membuat bonsai beringin di dalam pot. Sekarang Anda sudah mempunyai bonsai beringin buatan sendiri dengan pola yang dikehendaki.
penulis andreo central bonsai.com