SENI BONSAI DARI TANAMAN ADENIUM / KAMBOJA

Share:

Bonsai Tanaman Adenium



Tanaman adenium atau lebih dikenal dengan nama bunga kamboja Jepang berasal dari Afrika dan Semenanjung Arab. Adenium sendiri merupakan tumbuhan yang masuk dalam kelompok genus plumeria.

Tanaman hias Bonsai adenium memiliki batang besar dimana bagian bawahnya menyerupai umbi, akarnya pun bisa membesar hingga menyerupai umbi, tetapi bentuk tanamannya kecil serta memiliki daun yang kecil panjang.

Bentuk bunganya seperti terompet di sertai oleh lima mahkota yang meruncing dengan warna bunga yang beragam, mulai dari hijau tua, hijau muda, kekuningan, hingga kemerahan. Buah yang dihasilkan oleh adenium menyerupai tanduk dan memiliki bentuk gepeng memanjang (bumbung).Seni Bonsai Untuk Tanaman Adenium

Buah Tanaman hias adenium akan pecah dan mengeluarkan biji-biji yang ada di dalamnya, hal ini menandakan bahwa biji bunga adenium sudah masak dan biji bunga adenium ini memiliki bulu dan berkulit tipis serta berongga dan jika sewaktu-waktu ada angin, biji tersebut mudah berterbangan.

Siapa sangka tanaman hias adenium bisa dijadikan bonsai. Untuk seni dalam membuat bonsai adenium tidak ada aturan khusus harus begini ataupun harus begitu disesuaikan dengan kreatifitas dari masing-masing individu.

Beberapa seni untuk membuat bonsai tanaman adenium 


Bonsai adenium merupakan kreasi yang dilakukan untuk membuat tanaman adenium menjadi lebih menarik, unik, dan juga indah karena apabila tanaman ini dibiarkan tumbuh begitu saja menimbulkan kesan yang tidak menarik serta berantakan.

Ukuran bonggolnya semakin ke bawah semakin besar dan memiliki bentuk segitiga yang terisi penuh. Maksudnya yaitu dimulai dari bawah yang tumbuh bercabang dari kiri dan kanan berulang dengan satu batang utama hingga atas.

Bonggolnya lebar, maksudnya yaitu dari sebuah bonggol bisa tumbuh batang lebih dari lima dan dari setiap batang tersebut memiliki percabangan sendiri-sendiri. Semakin ke atas percabangannya semakin banyak dan serempak sehingga bisa membuat sebuah bentuk sapu lidi yang terbalik

Bonggol yang terurai atau terisi penuh, banyak sekali batang-batang yang tumbuh dari sebuah bonggol menuju ke segala arah. Hal yang perlu dilakukan yaitu dengan mengarahkan bentuk cabang dan rantingnya ke samping. Sehingga bonsai adenium bisa dibentuk seperti paku payung.

Akarnya terurai atau terisi penuh, maksudnya yaitu dalam satu pohon tumbuh dua atau tiga batang yang bersebelahan sehingga memberikan efek bahwa adenium tersebut kembar.Seni Bonsai Untuk Tanaman Adenium

Diletakkan di lokasi yang tinggi atau menggunakan pot tinggi. Biasanya bonsai adenium akan tumbuh seperti tanaman yang hidup di tepi jurang dengan dahan dan rantingnya yang terurai ke bawah. Salah satu alternatif yang bisa dilakukan yaitu dengan menempatkan bonsai adenium pada lokasi yang lebih tinggi atau ditanam di dalam pot tinggi.

Bonsai adenium bisa dibentuk unik. Biasanya pemilik bonsai adenium akan berkreasi pada bonggol atau batangnya dengan memberikan sentuhan berupa ukiran atau bentuk yang dibentuk menyerupai hewan seperti ular, ikan, dan lain-lain.


No comments