Perawatan Bonsai Di Rumah

A. Penyiraman


Pada musim kemarau bonsai baiknya disiram sehari-hari, saat pagi serta sore hari. Air untuk penyiraman mesti air jernih, bersih, tak berbau, serta bebas garam. Penyiraman dikerjakan dengan dua langkah. Pertama, menyiramkan air dengan cara segera pada media tanam. Ke-2, mencelupkan pot bersana media tanamnya ke air sampai air bisa meresap serta media tanam basah benar.


B. Pemupukan


Mesti dilakukan dengan dosis yang pas. Frekuensi pemupukan yang dianjurkan yaitu sebulan sekali dengan pupuk yang dipakai NPK serta urea. Pupuk daun dapat juga diberikan satu bulan tiga kali.

C. Penyiangan dan Pemangkasan


Penyiangan dilakukan setiap hari. Terutama bila terlihat ada gulma (tanaman liar) di media tanam. Untuk menghindari gulma dianjurkan untuk berikan lumut di permukaan media tanam. Lumut berwarna hijau sekalian berfungsi sebagai indicator kelembaban. Pemangkasan batang, cabang, ranting, serta daun bonsai dikerjakan untuk membuat bonsai sesuai sama hasrat. Sesuai dengan keperluan atau sesuai sama keadaan bonsai tersebut. Bila perkembangan bonsai jenis tanaman yang cepat, pemangkasan dikerjakan sebulan sekali. Bila bonsai tanaman yang pertumbuhannya lambat, pemangkasan cukup dikerjakan 2-3 bukanlah sekali

D. Pembukaan Kawat


Dapat dikerjakan sesudah kawat terlihat tenggelam atau masuk kedalam batang, cabang, atau ranting bonsai. Dikerjakan dengan hati-hati ikuti arah lilitannya serta mesti diupayakan tidak sampai tak menyebabkan luka.

E. Repotting


Pengganti media tanam serta pemangkasan akar mesti dikerjakan bila akar sudah tumbuh padat. Umumnya ketika bonsai berumus enam bulan atau setahun sejak pembuatan. langkahnya, bonsai dilepaskan dari potnya, lalu separuh dari media tanam yang menenpel pada perakaran dibuang serta separuhnya dilewatkan tetaplah menempel.

F. Pengendalian Hama dan Penyakit


Hama yang kerap menyerang serta mengurangi keindahan tanaman bonsai yaitu wereng cokelat serta ulat. Langkah mengendalikan dengan cara menyemprotkan insektisida. Hewan pemeliharaan seperti anjing, kucing, atau ayam juga mungkin saja hama untuk tanaman bonsai, yaitu mencapai atau mencakar bonsai