PENGEMBANGAN TEKNOLOGI BONSAI TERBANG (Air Bonsai)

Jepang Penggunaan Teknologi Pada Bonsai


Bonsai merupakan seni tradisional menanam miniatur pohon dalam sebuah wadah. Seni ini dibawa ke Jepang dari China lebih dari seribu tahun yang lalu, dan unsur-unsur dasarnya berupa pot dangkal serta tanaman yang tidak pernah berubah sejak dulu.


Kini, sebuah perusahaan bernama Hoshinchu yang berbasis di Kyushu, Jepang, memberikan sentuhan modern pada seni yang satu ini dengan menciptakan “Air Bonsai”.
Dengan sistem magnetis yang mereka rancang, sebuah pohon bonsai dapat melayang 2 cm di atas alas Electric fied berukuran kecil. Sistem magnetis pada alas tersebut memungkinkan bonsai terbang melayang di atas pot.


Sistem magnetis ini bahkan cukup kuat untuk menopang fragmen khusus seperti batu lava atau benda padat lainnya yang digunakan sebagai media tanam pada bonsai. Hal ini mungkin terlihat seperti ilusi optik namun alat ini benar-benar bekerja secara nyata. Magnet di dasar porselen menghasilkan energi yang akan menjaga benda di atasnya untuk tetap melayang di udara.


Sebuah adaptor AC digunakan pada alat ini untuk menciptakan mekanisme yang memungkinkan bonsai dapat berputar ketika melayang. Perusahaan ini telah membagikan ide mereka di Kickstarter Bonsai Terbang Melayang di Udara dengan Magnetic Levitation Kit


Alat dengan sistem teknologi magnetik adalah rahasianya. Sistem tersebut mampu mengangkat dan membuat melayang sebuah beban seberat 250 gram. Benda apapu dengan berat seperempat kilogram saja dan dengan lebar beberapa inchi saja bisa dibuat melayang. Sistem itu ditenagai dengan listrik. Anda tinggal mencolokkan adaptornya saja.