MERUBAH TANAMAN HIAS JADI BONSAI CANTIK

Share:

Merubah Tanaman Hias Menjadi Bonsai


Jepang adalah negara pertama yang memperkenalkan seni “mengkerdilkan” pohon agar terlihat lebih indah dan unik. Untuk bisa membuat sebuah tanaman bonsai dengan bentuk yang unik tidaklah mudah, memerlukan sebuah keterampilan serta keahlian khusus. Hal inilah yang menjadikan harga sebuah tanaman bonsai bisa mencapai hingga ratusan juta rupiah, tergantung keunikan bentuk dan usia dari tanaman tersebut.

Di Indonesia sendiri bonsai merupakan jenis tanaman yang dijadikan sebagai dekorasi eksterior dan interior yang bernilai seni. Sehingga tanaman bonsai dianggap dapat menambah kesan eksotis jika diletakkan di suatu ruang atau tenpat tertentu. Ada banyak jenis varian bonsai yang biasa ditanam di Indonesia, diantaranya yaitu bonsai Beringin, Bonsai Kelapa, Bonsai Serut, dan masih banyak varian lainya.

Namun tidak semua jenis tanaman bisa dibuat atau dibentuk menjadi tanaman bonsai. Biasanya tanaman yang cocok untuk dibuat menjadi bonsai adalah jenis tanaman yang mempunyai masa usia panjang, memiliki batang kayu yang keras, serta berdaun lebat. Selain ciri-ciri tersebut, tanaman yang akan dibentuk menjadi bonsai haruslah mempunyai bentuk dasar yang indah serta dapat dikembangkan melalui cara rekayasa vegetatif ataupun stek.

Diperlukan sebuah perawatan khusus untuk merawat tanaman bonsai agar tumbuh dengan baik dan indah seperti yang telah saya bahas di artikel sebelumnya yaitu Cara Mudah Merawat Sendiri Tanaman Bonsai di Rumah. Seperti yang telah saya kemukakan di awal bahwa di Indonesia sendiri ada banyak tanaman hias yang bisa dijadikan sebagai tanaman bonsai. Berikut ini akan saya bahas beberapa jenis tanaman yang sangat cocok dan bagus jika dijadikan sebagai tanaman bonsai.

Bahan Tanaman dan Bunga yang dapat dijadikan Bonsai

1. Asam Jawa


Asam jawa termasuk Tanaman yang banyak ditemukan dang yang banyak digemari. Bonsai asam banyak menghiasi rumah-rumah maupun taman. Mulai dari bonsai asam yang benar-benar dibuat oleh para profesional hingga bonsai amatiran ala kadarnya yang dibuat para pecinta tanaman seperti bonsai di bawah ini. Bakal pembuatan bonsai asam baiknya ditanam sendiri dari biji saja agar lebih ramah lingkungan. Atau dari hasil cangkokan tanaman yang sudah besar sehingga tidak perlu mencabut tanaman dari asalnya. Berikut ini dokumentasi proses pemangkasan bakal asam dari awal sampai membentuk hasilnya.

2. Asam Londo


Tanaman asam londo sekilas sangatlah mirip dengan tanaman asam Jawa. Yang membedakannya yaitu bahwa asam londo merupakan tanaman import yang berasal dari luar negeri sedangkan asam Jawa merupakan tanaman asli Indonesia. Tanaman asam londo ini sengaja didatangkan khusus dari luar negeri sebagai rekayasa vegetatif untuk membuat tanaman bonsai.

Adapun kelebihan dari pohon asam londo yaitu memiliki masa umur yang panjang, batangnya berupa kayu yang kokoh, serta memiliki bentuk yang unik. Oleh karena itu tanaman ini sangatlah cocok untuk dijadikan sebagai tanaman bonsai.

2. Beringin Karet

Tanaman yang satu ini sangat unik karena memiliki batang kayu yang mudah untuk dibentuk. Hal ini dikarenakan batang pohon beringin karet memiliki karakteristik yang sangat lentur seperti layaknya karet. Pohon beringin karet mempunyai bentuk yang sangat bagus serta menarik sehingga sangat cocok sekali jika dibuat menjadi tanaman bonsai. Selain itu pohon beringin karet juga memiliki daun yang begitu lebat sehingga memenuhi syarat untuk dibentuk menjadi bonsai, yang tentu saja akan sangat unik dan menarik. Pohon beringin karet umumnya banyak ditanam di sekitar pekarangan rumah untuk dijadikan sebagai tanaman hias sekaligus sebagai naungan untuk berteduh.

5. Bunga Bougenville

Daya tarik dari varian bonsai yang satu ini yaitu terletak pada bentuk bunganya yang sangat indah. Karena kita semua tahu bahwa bunga bougenville mempunyai warna yang sangat cerah serta mempesona. Apalagi bonsai yang dihasilkan dari jenis tanaman ini pastinya akan dipenuhi dengan bunga begitu lebat, akan tampak semakin indah, karena bougenville memiliki banyak variasi warna pada bunganya, seperti ungu, merah, jingga, dan putih.

6. Bunga Adenium


Demikian mengenai beberapa tanaman yang bisa dijadikan sebagai bonsai. Anda dapat memilihnya sesuai selera serta ketersediaan varian yang ada. Mudah-mudahan sedikit membantu Anda para pecinta tanaman hias yang hobi menanam bonsai.

Selamat Mencoba