TIPS & TRICK MEMBUAT BONSAI KAPASAN / PACAR LAUT (Cerodendrum Merme)

MEMBUAT BONSAI  KAPASAN / PACAR LAUT  (Cerodendrum Merme)

KAPASAN / PACAR LAUT  (Cerodendrum Merme) adalah tanaman yang dijumpai hidup di pinggir pantai ciri tanaman ini kulit batang lembut dan gampang dikelupas sehingga lebih memperlihatkan Batang kokoh dan keras, diperoleh bisa dengan berburu/hanting juga  bisa dikembangbiakan dengan sistim Cangkok/stek  dan Anakan.


  • Proses  Persiapan  Bahan
Langkah pertama cara membuat bonsai KAPASAN / PACAR LAUT  (Cerodendrum Merme)
Biasanya bahan didapat dari hasil Hanting/buruan di alam usahakan mendapat bakalan yang bagus terutama akar dan gerak batang selanjutnya  adalah dengan menyiapkan bonggol pohon Bonsai kapasan dan  Pilihlah bonggol yang berukuran sedang dan memiliki pola unik. Selain itu, anda perlu menyiapkan bahan-bahan lain yang diperlukan, seperti media tanam berupa tanah, gunting khusus tanaman, kawat ukuran 3 mm, dan pot yang besarnya bisa disesuaikan dengan ukuran bonsai yang ingin dibuat.
  • Proses  Perakitan di Pot
Langkah secara membuat bonsai KAPASAN / PACAR LAUT  (Cerodendrum Merme) adalah proses grouping dan Landscape dengan menggabungkan bebarepa batang pohon yang sejenis dibuat pola seperti di alam.

  • Persiapan Media Tanam dan varian pelengkap
Untuk membentuk bagian batang yang cantik, sebaiknya anda menggunakan media tanam bonsai kapasan. media digunakan yang memiliki struktur padat dan sedikit unsur hara ditambah pupuk kandang  Hal ini untuk mendapatkan batang ideal dalam membuat pohon bonsai tidak terlalu subur. Anda bisa gunakan tanah dan sedikit batu-batu kecil.karang.lumut dangan proses perakitan melihat contoh gambar pemandangan di alam.
  • Pembuatan Pola
Langkah selanjutnya adalah membuat pola bonsai kapasan. Untuk mendapatkan pola yang anda inginkan, anda harus mengikat batang bonsai menggunakan kawat. Kawat berfungsi sebagai penahan batang sehingga akan membentuk pola tertentu. Lama pembentukan pola bonsai ini tidak bisa dipastikan, tergantung dari kualitas bonggol pohon yang anda gunakan.

Tentu untuk mendapatkan pola yang bagus, anda tidak boleh sembarangan melilit kawat pada bonsai. Anda bisa melilit melingkar dari pangkal hingga ujung batang. Anda harus membuat lilitan yang kencang. Untuk membuat batang tidak patah, dalam melilit kawat anda bisa gunakan tang dan proses yang hati-hati.
  • Proses Pemupukan
Perlu diperhatikan dalam menanam bonsai kapasan, unsur yang harus terkandung dalam pupuk adalah nitrogen, fosfor dan potassium. Ingat, jangan gunakan pupuk yang mengandung unsur hara tinggi, agar bonsai tidak tumbuh terlalu besar dan ditambahkan pasir laut.
  • Proses Perawatan
Pada tahapan ini, pohon bonsai beringin anda sudah bisa dibiarkan saja. Pohon bonsai perlu beradaptasi terhadap media tanam yang baru. Proses ini berlangsung kurang lebih 2-3 minggu. Pada masa ini, anda tidak perlu lagi memberikan pupuk. Anda cukup menyiram air setiap pagi dan malam hari, dan letakkan bonsai kapasan pada area yang tidak terkena cahaya matahari secara langsung.
  • Proses Pemangkasan/Pruning
Bonsai kapasan sudah memiliki pola seperti yang anda inginkan, anda tetap harus rajin memangkas daun dan akar bonsai sehingga daun bisa merapat dan proses pengecilan . Hal ini tentunya untuk menjaga pola bonsai kapasan anda. Pemangkasan juga dilakukan pada daun bonsainya. Lakukan pemangkasan ini secara berkala untuk memperoleh bonsai kapasan yang cantik Bisa dibuat pola Pemandangan.
Penulis ( Yulians Central Bonsai.com)