MENATA KANTOR DENGAN BONSAI HIJAU MENGURANGI STRES, JENU DAN BOSAN

Share:

Kebutuhan Tanaman Hijau di Kantor


Dalam melakukan aktifitas para pe­kerja atau pegawai di kantor akan merasakan kalau kantor sebagai tempat yang menje­mukan. Salah sato cara adalah menambahkan tanaman hijau seperti jenis Keladi dan Bonsai Pot Kecil yang unik. Jika alasannya hanya kare­na jemu atau bosan, maka cara sederhana ini mungkin bisa membantu sedikit meng­hilangkan rasa jemu atau bosan tersebut. Sebuah pene­litian membuktikan, bahwa keberadaan tanaman hijau di lingkungan kerja, seperti kantor, mampu meningkat­kan produktivitas para pe­kerja. Semangat kerja para pekerja atau pegawai akan lebih meningkat karena ke­beradaan tanaman hijau. Selain itu, tingkat konsen­tra­si dan ketelitian juga terba­ngun serta mampu menghin­darkan dari rasa kantuk yang sering datang melanda. Ta­naman hijau yang tertata rapi ternyata mampu membantu Anda terhibur saat bekerja.

Warna hijau dari daun-daunan tanaman ternyata bisa me-refresh suasana pengli­hatan dan suasana hati se­hingga sedikit menyegarkan alam pikiran orang yang memandangnya. Apalagi bila di sekitar kantor tempat Anda bekerja terdapat pula kolam kecil dengan aliran air mancur yang gemerincing, seolah-olah Anda sedang bekerja di alam terbukan nan hijau dan asri.

Selain itu, disela-sela jam istirahat di kantor sambil memandang  ta­nam­an hijau di kantor dapat membuat kita berpikiran po­sitif akan segala hal. Ini karena kebaikan tanaman­nya, yang menenangkan pi­kiran dan perasaan. Di per­usahaan-perusahaan besar seperti di Amerika dan Ero­pa, keberadaan taman hijau di kantor ini sudah masif ter­jadi dan menjadi gaya hi­dup para perusahaan. Me­reka sudah menyadari betul, bah­wa untuk mencapai tingkat keberhasilan usaha, harus didukung dengan kesehatan dan kualitas yang prima dari para pekerja atau karyawan di perusahaan tersebut.


Keberadaan taman hijau di kantor perlu pula mem­per­hatikan situasi pekerjaan dan alat-alat atau perabotan yang ada di kantor. Jika me­mungkinkan, keberadaan tanaman kaktus hijau atau tanaman bonsai di atas meja pekerja atau karyawan dapat dilakukan. Keberadaan ta­nam­an hijau seperti ini di atas meja, dapat mengalihkan per­hatian si pekerja atau pega­wai ketika penglihatannya mulai jenuh menghadapi tum­pukan kertas kerja atau komputer yang terkadang membuat penglihatan menja­di lelah. Mengalihkan seje­nak tatapan Anda ke arah ta­naman hijau di depan mata, dipercaya bisa menjadi sema­cam terapi yang sangat ber­gu­na untuk menyegarkan kem­bali pandangan mata.

Penempatan Tanaman  bisa dilakukan dengan meletak­kan tanaman / Bonsai dekat tempat duduk pe­ker­ja atau karyawan juga bisa diletakkan di samping meja, dengan tujuan untuk menye­garkan udara di sekitar kan­tor. Tanaman lidah mertua sangat baik untuk menyerap karbon dioksida dan mele­pas­kan oksigen yang segar, sehingga pekerja atau kar­ya­wan merasakan manfaat ganda. Selain warna lidah mertua menghijaukan mata, juga sekaligus menyegarkan udara dengan dilepaskannya oksigen segar.


Pemilihan tanaman hijau Bonsai di Pot


Pemilihan tanaman untuk diletakkan di dalam kantor pun harus bijak, misalnya memilih tanaman hijau yang tahan lama (berumur pan­jang) seperti bonsai dan tidak membutuhkan  air. . Proses penyiraman ta­naman bonsai ini tentu tidak akan membutuhkan waktu lama, bahkan si pekerja atau karya­wan sendiri dapat melaku­kan­nya sebelum duduk untuk memulai pekerjaannya.


Ketika suasana kantor penuh dengan energi positif yang disalurkan oleh oksigen dari tanaman hijau, maka daya dukung produktivitas para pekerja atau pegawai di kantor tersebut akan positif pula. Sehingga pencapaian target-target kerja yang biasanya dibebankan kepada para pekerja atau pegawai dapat tercapai dengan baik dan menghasilkan kinerja yang baik pula demi keber­ha­silan dan kemajuan per­usa­haan tersebut.

Namun sayangnya, meto­de menghijaukan kantor ini belum sepenuhnya ada dan likakukan  pimpinan perusa­haan-perusahaan yang ada di Indonesia. Masih sedikit perusahaan-perusahaan besar maupun kecil di sini yang secara sadar mau menerap­kan konsep tanaman hijau di dalam atau di areal kantor. Biasanya mereka beralasan ruang kantor menjadi sempit dan merasa keberadaan ta­naman hijau di kantor itu bu­kan hal utama.Bonsai menjadi solusi karena tanaman hijau ini tidak terlalu besar dan bisa dibuat kecil/small dalam pot.


Padahal, jika disadari, mes­kipun angka presentasinya kecil, yakni sekitar 15 per­sen, sumbangsih keberadaan tanaman hijau di kantor bah­kan bisa melipatgandakan kinerja para pekerja atau pe­gawai meski manfaatnya tidak secara langsung terasa. Jika saja kesadaran akan manfaat tanaman hijau ini dapat dibangun, maka suasa­na kerja yang tadinya sering menjemukan, dapat sedikit teredam dengan keberadaan tanaman hijau.

Memang, ini hanyalah soal pilihan. Jika ingin mem­peroleh manfaat kesehatan dan kesegaran suasana di kantor, silakan menerapkan konsep tanaman hijau.seperti bonsai selain itu juga membantu mengurangi tingkat strees Karyawan karena tanaman bonsai adalah barang seni.  Ka­lau­pun keberadaan AC sudah dirasa cukup, sekali lagi, itu hanyalah pilihan. Namun, keberadaan tanaman hijau di kantor ini sangat layak untuk diimplementasikan, demi pe­ningkatan kinerja para pe­ker­ja dan pegawai di kan­tor Anda.

Selamat Mencoba. Central Bonsai.com