BONSAI WACANG (WAHONG-SANCANG) TRENDS 2017

Share:

BONSAI WACANG TRENDS 2017





Pada akhir tahun 2016 dan awal tahun 2017 bonsai di Indonesia mulai Dihebohkan  oleh jenis tanaman Bonsai Wahong  (Premna Nauseose ) yang digabungkan dengan Tanaman Sancang (Premna Mikrophyllia ) disebut Bonsai Wacang, Para Penjual Bonsai mulai menawarkan tanaman tersebut. Penawaran sekitar 70% tanaman WACANG akan mendominasi baik Bonsai Pot maupun Bonsai Untuk Taman Rumah, Kantor, Hotel dan Taman Kota karena bentuk unik dan perawatan mudah. Terutama daerah Sumatera Bagian Selatan, Palembang, Bengkulu Wacang dibawa penghobi ke Pulau Jawa dan sekitarnya.

 Ditempat lain belum begitu getol untuk menawarkan tanaman. Tapi tanaman yang masih menduduki peringkat mahal adalah jenis tanaman Santigi (Phempis Acidula). Wacang dapat menyainginya kedepan karena gerak batang dan kesan keropos pohonnya. Dulu daerah penghasil bonsai yang terkenal dengan Cemara Udang ( Casuarina Equisetifolia ), tampaknya sekarang agak menurun dikarenakan sudah mulai Jenuh..

Diluar mulai bermunculan jenis tanaman bonsai dengan dua kreteria yaitu tanaman Wahong Karakter Akar dan Batang yang bagus digabung Sancang yang daunnya sangat kecil sehingga Indah di pandang mata, menjadi tantang tersendiri bagi para pebonsai sangat penting, apalagi untuk Bonsai Kontes. Bagaimana dengan di Indonesia sendiri. bila Masih sulit  mencari pola ciri khas untuk tanaman bonsai coba tanaman Wacang. dikarenakan Proses Pembentukan Jadi Bonsai Tidak terlalu lama 6 bulan s.d 2 tahun.

Inilah contoh-contoh Bonsai trends 2017 Wacang:



: