CARA BUAT BONSAI MAME UNTUK HIASAN MEJA

Share:

Bonsai Ukuran Mini diletakkan di Meja Untuk Hiasan


Bonsai memang jadi satu minatur dari pohon besar. Namun ada juga bonsai yang mempunyai ukuran mini atau yang sering disebut mame. Cukup mengherankan, terutama di kalangan awam, tapi bentuknya yang kecil, membuatnya jadi imut dan lucu untuk dimiliki.

Dalam kontes, ukuran tanaman jadi perbedaan kelas penilaian untuk membedakan yang besar dan kecil. Ada empat kategori yang diambil, yaitu extra large dengan ukuran tinggi 101-150 cm, large 61-100 cm, medium 1-60cm, small 16-30 cm, dan kelas mame 0-15 cm.


Penghobi bonsai pemula, biasanya memang ingin cepat menikmati keindahan bonsai. Alternatif paling mudah, yaitu membuat bonsai dengan ukuran mini/mame. Waktunya relatif lebih cepat, dimana hasil jadi bisa terlihat antara 1-2 tahun. Bonsai mungil itu akan jauh lebih menarik bila dipadukan pada pot artistik.

Membuat Bonsai Mame

Untuk membuat bonsai mame harus diperhatikan 4 faktor dasar, yaitu lingkungan yang diinginkan, pemilihan gaya, memilih bakalan, dan pembentukan. Memang dilihat dari bentuknya, bonsai mame mempunyai keunikan lebih. Sebab dengan ukuran kecil, tapi sudah memperlihatkan karakter bonsai. Salah satunya ketuaan batang, dimensi, dan arah gerak batang serta cabangnya. Hampir semua jenis tanaman bisa diolah jadi bonsai kelas mame.


Secara Pisik dan struktur, tanaman kecil memang menawarkan satu bentuk yang lucu dan menggemaskan. Lihat saja dari ukuran yang tak lebih besar dari satu buah gelas. Cabang yang keluar juga punya karakter kuat, seperti ukuran besar. Sebab, meski berukuran kecil arah gerak batang cabang dan ranting serta struktur tanaman sudah lengkap.


Memang, sebagai bonsai berapapun ukurannya harus tetap memperhatikan kaidah dasar tanaman ini, termasuk kelengkapan struktur dan gerakan yang dimiliki. Di situ, memang akan terjadi perbedaan ukuran yang jauh bila disandingkan ukuran extra large. Itu terlihat bahwa mame seperti jadi anak yang baru lahir.


Meski mempunyai ukuran kecil, tapi jangan harap harga yang ditawarkan juga kecil, bahkan cenderung lebih mahal. Sebab, untuk perlakuan dan perawatannya sama dengan bonsai dewasa, sehingga harga jual juga menyesuaikan.

No comments