BONSAI KARYA SENI SESEORANG BUKAN SEKEDAR HOBY SAJA

Share:

Pembentukan Pohon Jadi Bonsai Bernilai Seni Tinggi

Tidak bisa dibayangkan betapa besar Kesabaran dan ketabahan Penghobi serta tanaman yang semestinya dapat tumbuh tinggi tegak lurus, tapi dipaksa untuk tumbuh melengkung dan tetap kerdil. Namun, tanaman adalah tanaman, yang bersifat pasif. Dilengkungkan bisa, dipotong bisa, dibuat tumbuh miring juga bisa, dan sebagainya. Asal, yang memperlakukannya tahu bagaimana cara menjadikan tanaman yang akan dikerdilkan, yang semula biasa menjadi hasil karya yang luar biasa dan banyak dilihat orang.



Bila rahasia pengkerdilan sudah ditemukan, maka tanaman yang telah kerdil itu akan menyuguhkan keindahan dengan bentuk yang menarik dan mengesankan, sehingga pemiliknya mencintai kreasinya walaupun tahapan pengolahan masih terus berlanjut sampai pohon tersebut mati.

Pencarian/Hanting  dan Pengembangan Bahan Bonsai

Pada mulanya penggemar tanaman kerdil mencari bahannya di alam bebas, yaitu tanaman yang tumbuhnya merana namun masih survive, untuk ditanam di dalam pot. Kemudian tanaman ini dipelihara dengan mempertahankan bentuk aslinya. Lambat laun, tanaman yang kerdil tersebut jarang didapatkan di alam bebas. Padahal kegemaran membuat bonsai masih tetap tinggi. Situasi dan kondisi tersebut memaksa penggemar-penggemar bonsai maupun pengusaha tanaman bonsai mengusahakan secara besar-besaran. Mulai abad kesembilan belas, pencarian atau pengumpulan bahan bonsai di alam bebas dihentikan. Pembentukan bonsai dimulai dari pembibitan dan dilahirkanlah bayi-bayi bonsai. Bentuk bayi bonsai ini berupa semai, stek, maupun cangkok. Sistem ini berkembang dan meluas ke dunia barat hingga Amerika Serikat.


Pada hakikatnya seni bonsai adalah meniru atau membuat tiruan dari bentuk tanaman yang ada di alam bebas yang tumbuhnya merana akibat keganasan alam. Pohon-pohon yang kerdil ini di Indonesia juga disebut dengan nama bonsai dan sudah dikembangkan dan dijual-belikan dengan harga ribu  bahkan jutuan rupiah tergantung bentuk dan keindahannya . Ini suatu per tanda yang baik, bahwa masyarakat Indonesia sudah mulai mengagumi seni bonsai.

Central Bonsai.Com : Selamat Bekarya!!!!