BERBAGI ILMU CARA PEMAMFAATAN AKAR BERINGIN IPRIK JADI BONSAI CANTIK

Cara Membuat Bonsai Beringin Dolar/ Elagent dari Akar Beringin Iprik (Ficus Retusa)


Membuat Bonsai menjadi  suatu kegiatan yang dapat menyenangkan di sela-sela kesibukan kerja setiap harinya atau diwaktu libur. Dengan adanya tanaman hias dan Bonsai  di  rumah, ini akan menjadi sarana membuang stres dan membuat rumah menjadi lebih indah. Namun untuk membuat Bonsai, diperlukan berbagai macam pertimbangan dan salah satu yang paling diperhatikan adalah tentang ketersediaan bahan dan tempat kosong di halaman kita.

Bonsai merupakan tanaman yang telah diperlakukan sedemikian rupa sehingga bentuknya jauh lebih kecil di bandingkan aslinya. Tanaman bonsai biasanya di tanam di dalam pot. Tidak semua tanaman bisa dijadikan bonsai, namun yang paling terkenal adalah bonsai beringin. Anda yang masih belum pernah tahu pasti akan bingung, pohon beringin yang besar dan tinggi bisa dibuat ukuran kecilnya, bahkan dengan bentuknya bisa lebih menarik di banding aslinya.

Cara Baru Membuat Bonsai Beringin Sambung Akar 

Harga sebuah bonsai memang agak mahal, namun jangan khawatir karena anda bisa mempraktekkan cara membuat bonsai beringin sendiri. Jelas dengan membuat sendiri, anda bisa lebih menghemat biaya dan pastinya anda akan bangga melihat bonsai beringin yang anda buat sangat bagus. Jika anda benar-benar ingin membuat bonsai sendiri, berikut ini kami jelaskan sedikit Ilmu Membuat Bonsai Dari Akar Beringin yang Sudah Dipraktekan Untuk membuatnya dapat kami jelaskan sebagai berikut: :
  • Persiapan Alat dan Bahan
Langkah pertama cara membuat bonsai beringin sendiri dari akar adalah dengan menyiapkan akar pohon beringin. Pilihlah yang berukuran sedang dan memiliki pola unik.biasanya dari Jenis Beringin Iprik yang Banyak dijumpai Hidup di Rawa-Rawa  Kearah Pantai dan di Kebun Pohon Sawit biasa hidup dikarenakan Beringin berbuah dan disebarkan burung ke pepohonan

Untuk Peralatan yang dibutuhkan cukup persiapkan Gergaji, Catok, Gunting, Tali plastik, Plastik pembungkus  dan Pisau kecil.

Memilih Bentuk Akar Pembuatan Pola Bonsai Agar Cantik 

Proses Sebagai Berikut :

  • Potong Akar dari Pohon indukkan dan upayakan untuk memilih liukan dan gerak yang unik dan berdasarkan pengalaman kami pilih akar yang keputih-putihan lebih bagus daya tumbuhnya seperti gambar diatas.  selanjutnya akar yang besar dibalik sehingga gradasi pengecilan batang idah besar dibawah. hal ini dapat diterapkan pada akar beringin kelebihannya dapat hidup terbalik.
  • Langkah selanjutnya adalah membuat pola bonsai beringin. Untuk mendapatkan pola yang anda inginkan, anda harus memilih akar bagus tergantung dari kualitas bonggol akar  dan bentuk akar yang anda gunakan.sebaiknya pilih yang unik bentuknya.
  • Untuk membentuk bagian batang yang cantik,Untuk Akar Yang Bagus agar dipilih Pola Gerak Batang  unik selanjutnya menggunakan peralatan bonsai dalam pengerjaan sehingga dapat tersusun dengan baik mengikuti aturan bonsai dan kreasi masing-masing.
  • Selanjutnya akar yang terpola selanjutnya cepat ditanam upayakan dari proses pengambilan Akar Pohon Beringin s/d Penambungan Stek Daun Beringin dilakukan Secepatnya 3 sampai 5 Jam. selajutnya ditanam ke pot menggunakan media tanam bonsai beringin yang memiliki struktur tidak terlalu padat padat campuran Sekam Padi, Tanah dan Pupuk Kandang.
  • Bonsai dari akar berdasarkan pengalaman kami sudah terlihat keunikannya 1 s/d 2 tahun tergantung besar kecil akar yang digunakan.

Proses Penyambungan / Stek Akar  dengan Daun Beringin 

Penyetekan Tukar Daun Asli dengan Beringin Dolar Atau Elegant berguna utuk memangkas waktu pembesaran batang, dengan Penyambungan dapat dilakukan menggunakan jenis Beringin/Ficus lai yang karekter daunya bagus seperti Beringin dolar/Elagent dengan menyambungkan ranting muda beringin Dolar ke Akar dan Cabang Akar Beringin Iprik.menggunakan Pisau Stek  hasil stekan  diikat tali Plastik selanjutnya ditutup dengan kantong plastik bening proses ini dilakukan di tempat teduh tidak terkena sinar matahari langsung dan upayakan pada sore/malam hari. hasil stekan tetap dibungkus lebih kurang selama 10 s/d 12 hari baru dibuka.
Gambar Hasil Stekan Akar Beringin dengan dolar  :

Proses Perawatan dan Pemangkasan

Pada tahapan ini, pohon bonsai beringin anda sudah bisa dibiarkan saja. Pohon bonsai perlu beradaptasi terhadap media tanam yang baru. Proses ini berlangsung kurang lebih 2-3 minggu. Pada masa ini, anda tidak perlu lagi memberikan pupuk. Anda cukup menyiram air setiap pagi dan malam hari, dan letakkan bonsai beringin pada area yang tidak terkena cahaya matahari secara langsung.


Setelah bonsai beringin sudah memiliki pola seperti yang anda inginkan, untuk pemangkasan awal memperhatikan besar ranting yang idial untuk jadi bonsai. Hal ini tentunya untuk menjaga pola bonsai beringin anda. Setelah 2 bulan  Pemangkasan juga dilakukan pada daun bonsainya. Lakukan pemangkasan ini secara berkala untuk memperoleh bonsai beringin yang cantik.

Selamat Mencoba : Berbagi Ilmu Central Bonsai. Com