Wahong Sancang Bahan Bonsai Yang Bandel

Share:
Bahan bonsai bisa diambil dari semua tanaman yang berbatang keras dan berumur panjang. Wahong merupakan salah satu bahan bonsai yang mempunyai karakter dan nilai seni kuat pada batang. Banyak kelebihan yang ditawarkan salah satunya dari kekuatan lekukan batang serta alur yang bisa dipahat untuk mencapai hasil sempurna.


penggemar bonsai pasti sangat setuju bila wahong ditempatkan sebagi satu jenis bonsai berkarakter. Sebab dari bentuk dasar tanaman yang mudah ditemui di pesisir pantai ini sudah mempunyai gerak batang bagus. Batang terdapat lekukan alami yang memudahkan pebonsai untuk melanjutkan karya.
Wahong yang batang mati sebagian kresai masih bisa dilakukan. Perlakuakan yang dikerjakan pada batang mati ini dengan metode pahat, cuner dan poles untuk membuat bonsai lebih terlihat kokoh dan mempunyai tampilan yang menawan unik dilihat mata.


Selain itu terdapat perbedaaan wana yang mencolok antara batang hidup dan batang mati yang bisa di kreasikan hingga menjadi satu kesatuan bonsai yang sempurna. Batang yang hidup mempunyai kulit batang yang berwarna putih sementara untuk bagian batang mati akan berwarna merah tua kehitaman.

Batang yang menjadi kekuatan, wahong juga punya satu keunikan yang tidak bisa di lakukan oleh jenis bonsai lainnya. “Wahong bisa distek/sambung dengan jenis sancang untuk tampilan dahan dan daun lebih maksimal,” bonsai Wacang banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh jenis tanaman lainnya , Penulis : Yuliansyah (Central Bonsai.com).