Tips Membuat Bonsai Beringin Korea

Share:
Tanaman bonsai beringin mungkin sudah tidak asing lagi buat pecinta tanaman hias, utamanya tanaman Bonsai. Ya Beringin memang memiliki bentuk batang dan daun yang menarik untuk dijadikan Bonsai. Salah satu jenis Beringin yang juga sering dibuat Bonsai adalah Beringin korea. Nah bagaimana mengenai bonsai beringin korea ini ? Kali ini kita akan mengupas sedikit mengenai serba-serbi membuat dan merawat bonsai beringin Korea.

Apa Beda Beringin Korea dan Beringin Biasa?

Pertanyaan yang wajar bagi yang belum tahu mengenai Bonsai Beringin Korea ini. Sedikit berbeda dengan pohon beringin lokal , beringin korea memiliki bentuk daun oval dan mendekati bulat. Dari ketebalan daun, pada beringin korea lebih tebal jika dibandingkan dengan beringin lokal. Selain memiliki daun yang tebal permukaan daun beringin korea ini nampak lebih mengkilat.

Selain dari bentuk daun yang berbeda dengan beringin lokal, bagian batang juga berbeda dengan batang beringin lokal. Bentuk batang beringin korea ini dipandang kurang menarik bagi pecinta bonsai, segingga banyak disambung dengan batang beringin lokal. Namun tetap saja batang beringin korea ini bisa dimanfaatkan dengan setting taman yang pas.

Nah untuk menikmati keindahan bonsai beringin korea ini bisa dilakukan setting dengan bentuk batang yang memiliki ketinggian yang cukup. Pada desain taman beringin korea akan lebih indah jika di padu dengan batang yang besar dan tinggi. sedangkan untuk tipe Bonsai, beringin korea sangat anggun jika dibentuk dengan gaya waterfall atau terjun ke bawah.

Bonsai beringin korea ini sangat sangat cocok untuk model taman bali dan untuk taman minimalis maupun taman jenis lainnya. Keunikan dari bonsai ini adalah dari akar yang keluar dari batangnya tapi membentuk akar yang unik.

Keunggulan lain dari bonsai beringin korea ini adalah daya adaptasi yang tinggi, sehingga mudah hidup ditanam pada berbagai situasi.

Sebagai material taman pohon beringin korea banyak digunakan sebagai tanaman ikon, ini cukup beralasan mengingat keindahan tanaman ini sangat maksimal apabila ditanam ditengah tengah tanaman border, sedangkan pola daun dipotong secara teratur membentuk setengah bulatan lebat berwarna hijau tua dengan ditopang oleh batang yang besar kokoh, yang langsung berhubungan dengan akar akar yang bergantungan, ini akan dapat menampilkan nilai atristik yang baik

Cara Merawat Bonsai Beringin Korea

Merawat Beringin korea cukup mudah, terutama bagi pemula. Kemudahan perawatan bonsai beringin korea adalah tipe ranting bonsai korea yang lentur membuat beringin korea sangat mudah untuk di bentuk terutama untuk bagian yang ingin di tekuk. Selain itu beringin ini juga bisa di eksplorasi dengan beragam style dan tipe-tipe yang beragam dari aneka tipe bentuk bonsai.

Yang penting diperhatikan dalam perawatan bonsai beringin korea adalah masalah penempatan dan posisi penyiraman harian. Karakter dari bonsai korea ini daunnya mengkilat tetapi disaat ada percikan debu atau kotoran akan terlihat sekali kotorannya atau bisa disebut daunnya rentan terlihat kotor.

Selanjutnya yang penting dilakukan dalam perawatan Bonsai Beringin Korea adalah penyiraman rutin. Penyiraman perlu rutin dilakukan setiap hari atau menyesuaikan dengan kondisi sekitar, misalnya hujan, kelembaban dan sinar matahari masuk.

Perawatan lain adalah pemangkasan yang rutin dan teratur. Karakter Beringin Korea ini adalah cepat tumbuh, sehingga perlu dilakukan pemangkasan dan perapian daun dan ranting secara teratur.