Proses Pembentukan Bonsai Kemuning

Share:
Proses dan teknik pembentukan bonsai kemuning sebetulnya tidak jauh berbeda dengan pembentukan – pembentukan bonsai jenis yang lain.

Namun masalah utama dalam proses pembentukan bonsai kemuning adalah pertumbuhan tanaman kemuning yang cukup lambat apabila telah dipindahkan kedalam pot.


Akibatnya periode waktu yang kita butuhkan sampai tanaman ini betul – betul siap untuk didesain menjadi bonsai menjadi cukup lama.

Meskipun begitu, ada salah satu solusi yang bisa kita gunakan untuk mengatasi masalah ini. Yaitu melalui teknik yang disebut dengan ground atau pembentukan didalam tanah.

Waktu yang kita butuhkan didalam proses ground ini berbeda – beda tergantung dengan tingkat kematangan yang diinginkan serta cara pembibitan awal yang kita gunakan.

Rata – rata proses ground ini memakan waktu kurang lebih 2 – 2,5 tahun sampai tanaman kemuning tersebut mencapai bentuk yang proporsional.

Apabila bentuk tanaman bonsai kemuning dirasa sudah cukup, maka bonsai tersebut bisa dipindahkan dalam pot sambil kemudian melakukan proses pembentukan serta penuaan untuk memperkuat karakter bonsai.

No comments