PROSES CEPAT BUAT BONSAI

PEMBUATAN BONSAI DARI BAHAN WAHONG (Premna Nauseose) DIGABUNG SANCANG (Premna Nauseose) (WACANG)

Jenis tanaman Bonsai ini Selain batang, wahong juga punya daya tarik mampu digabungkan dengan jenis tanaman sancang menggunkan metode stek. Penggabungan dua jenis tanaman dalam dunia tanaman hias memang sangat jarang sehingga perpaduan antara wahong dengan sancang menjadi satu kelebihan dari dunia bonsai. Gaya konvensional akan memperlihatkan kelebihan di unsur dinamis sehingga secara keseluruhan ada komposisi yang sangat seimbang dari semua bagian tanaman. Sementara dari gaya kontemporer wahong akan terlihat dominasi kekuatan batang, namun tidak menutup pesona dari akar, dahan dan juga daun.


Untuk menghasilkan karya bonsai wahong ada beberapa tahapan yang dilalui termasuk proses stek dengan sancang untuk menghasilkan percabangan. Pemilihan bibit yang nantinya akan mengisi bagian akar dan batang diusahakan sudah memiliki prospek yang bagus.


Prospek dan Teknik bonsai sangat beragam tergantung dari pebonsai mana yang akan diolah sebab sangat bergantung dari selera masing-masing.dengan kelebihan batang Wahong, diusahkan batang sudah membentuk lekukan dan ada bagian yang sudah mati.

Selain itu untuk jenis wahong punya struktur lebih besar dan tua bila mengambil bakalan dari daerah perbatasan pantai, sebab dengan alam yang cukup ekstrim daya tahannya sangat bagus. Yuliansyah (Central Bonsai.com).