Mengenal Bonsai Adenium Sang Mawar Gurun

Share:
Adenium yaitu tanaman hias yang sudah sangat di kenal oleh pencinta tanaman hias di seluruh dunia sejak ber abad-abad yang lalu.adenium sering juga di sebut dengan “Kamboja jepang” Hingga saat ini adenium digandrungi masyarakat asia. Saat ini juga banyak Negara yang aktif mengembangkan adenium dalam sekala besar di antaranya adalah Taiwan, Thailand, India, Amerika serikat ,dan Amerika latin.

A. PENYEBARAN ADENIUM

Di habitat aslinya, adenium tersebar dari afrika selatan,gunung Kalahari, pantai timur afrika,Somalia, hingga Negara-negara timur tengah,seperti arab Saudi dan yaman. Di Amerika serikat adenium di temukan di hawai ,Arizona, dan florida.

Dr. Mark A. Dimitt, kurator tanaman dari museum Arizona ini merupakan orang pertama yang menyilangkan spesies adenium pada tahun 1985. Ia mencoba menyilangkan Adenium swazicum yang menghasilkan adenium crimcon Star.

Sejak penemuan itu, adenium mulai di kawin silangkan di berbagai Negara. Berkat kerja keras para pecinta tanaman, keindahan adenium atau kamboja jepang ini bisa di nikmati oleh para penggemar tanaman hias di seluruh dunia, termasuk di Tanah Air. Di Indonesia maskipun nama kamboja jepang sudah tidak asing di telinga masyarakat,baru beberapa tahun belakangan ini adenium mulai di gemari . mungkin, adenium dahulu belum banyak varietasnya atau jenisnya, sehingga jenisnya pun masih sangat sedikit.

B. KARAKTERISTIK TANAMAN

a. Berbeda dengan kamboja

pada dasarnya, sosok adenium berbeda dengan kamboja (plumeria sp). Meskipun berasal dari keluaarga atau jenis yang sama, yaitu Apocynaceae, keduanya tidak bisa di kawin silangkan, penyebabnya yaitu di karenakan kromosom yang di miliki kamboja tidak sebanyak adenium, sehingga sangat tidak mungkin keduanya bisa di padukan atau di kawin silangkan.

Di lihat dari sosoknya, adenium dan kamboja juga memiliki perbedaan. Adenium umumnya bersosok kecil, sehingga cocok di pajang sebagai tanaman hias ruangan atau halaman rumah. Sementara itu, kamboja bersosok besar dan tumbuh tinggi, sehingga lebih cocok di tanam di pekarangan rumah atau tanaman yang besar sebagai peneduh.

Kita juga dapat melihat perbedaan lainnya dari bentuk akar dan daunnya. Umumnya, akar adenium mampu membesar seperti umbi dan melikuk-likuk, sedangkan akar kamboja hanya memanjang. Daun adenium juga lebih kecil di bandingkan dengan daun kamboja, namun pada bunga, adenium memiliki bunga lebih besar dari pada kamboja.

Adenium dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah yang suhunya hangat, hingga dataran tinggi yang suhunya dingin, jika di daerah dingin,pertumbuhan adenium akan terhambat ,daunnya mengecil ,dan jarang berbunga, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan merawat adenium di dalam green house yang dapat menstabilkan perubahan cuaca,dengan demikian pencahayaan dan sirkulasi udara yang masuk bisa di atur dengan baik.

b. Bunganya bermahkota indah

Bentuk bunga adenium mirip dengan terompet, terdiri atas 5 helai mahkota bunga(petal). Bentuk petalnya bervariasi , ada yang mirip bintang,bergerigi,ujungnya terpotong, ada juga yang ujung petalnya membulat. Sementara itu di setiap pangkal corong bunga terdapat benang sari yang muncul keluar.

Dahulu para penggemar kamboja jepang ini hanya mengenal jenis adenium local yang berwarna merah muda. Namun, kini telah hadir berbagai variasi warna adenium dari hasil persilangan.

Selain yang berbunga indah , ada juga jenis adenium yang berbunga lebat, yaitu seperti jenis arabicum atau jenis A . somalense Var. somalense yang memiliki percabangan banyak, sehingga bunga adenium bisa menutupi seluruh cabang tanaman.

Pada habitatnya, adenium bisa tumbuh subur di tempat dengan ketinggian 0-12 meter di atas permukaan laut (dpl,). Pada musim hujan, tanam ini biasanya menggugurkan daun dan bunganya. Makanan yang di perolehnya hanya di gunakan untuk memperbesar batang dan bonggolnya, sementara itu, daun dan bunganya akan muncul kembali pada akhir musim hujan dan saat awal musim panas. Pada saat musim panas, bunga adenium berwarna lebih pekat dan ukurannya besar-bessar. Biasanya bunga bisa bertahan hingga 5-7 hari.
“sekian dulu pengenalan tentang bunga adenium yang indah, jangan lewatkan juga untuk membaca artikel selanjutnya tentang jenis2 adeniumfavorit, memperindah tampilan adenium sang kamboja jepang,cara merawat adenium,dll,”