Membentuk Dan Merawat Bonsai Asem Jawa

Share:
Jika tanaman asem jawa dari biji sudah tumbuh atau kita mendapatkan bakalan bonsai dari mencangkok, langkah selanjutnya adalah membentuk dan merawat tanaman bonsai asem jawa tersebut.


1. Menentukan bentuk bonsai asem jawa yang akan dikehendaki. Ada berbagai model bonsai asem jawa yang bisa dipilih sesuai keinginan. Namun tentunya juga disesuaikan dengan bawan bonsai yang sudah ada agar tidak terlalu ribet. Ada beberapa bentuk bonsai asem jawa yang bisa dipilih misalnya Bonsai Asem jawa dengan bentuk tegak berkelok-kelok, bentuk bonsai Sarung angin, bonsai akar terjalin, Miring ke kiri, Miring ke kanan dan bentuk bonsai lainnya.

2. Aturlah diameter batang dengan bagian bawah besar dan makin ke atas makin kecil dan seimbang antara kiri dan kanan.

3. Dahan yang baik adalah dahan yang ada di bagian puncak lengkungan batang pohon. Potong dahan yang berada di bagian dalam lengkungan dipotong.

4. Dari pangkal batang hingga bagian puncak pohon dapat ditarik garis lurus.

5. Rajin-rajinlah memangkah dahan yang terlalu rimbun agar tidak saling menaungi.

6. Setelah itu perlu perawatan dengan melakukan pemupukan. Pemupukan bonsai asam jawa bisa menggunakan pupuk organik, pupuk kandang atau kompos dan bahan organik lain secukupnya.

7. Selanjutnay bisa dilakukan pembentukan dahan atau ranting dengan menggunakan kawat, dengan model sesuai yang dikehendaki. Jika bentuk bonsai asam jawa ini sudah terbentuk, kawat belitan bisa diambil.

Nah itulah cara sederhana Membentuk Dan Merawat Bonsai Asem Jawa. Tentunya semua memerlukan kesabaran dan ketelatenan dalam merawat bonsai tanaman asam jawa untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.