Jenis-Jenis Pohon Cemara Yang Bisa Dijadikan Bonsai

Share:
Cemara adalah salah satu jenis tanaman yang sangat banyak ditemukan didunia. Tumbuhan ini bisa kita temukan diberbagai macam daerah meskipun dengan bentuk iklim yang berbeda – beda.

Tanaman ini juga banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias atau tanaman peneduh seperti ditaman atau didepan rumah.

Selain itu cemara ternyata juga berfungsi sebagai tanaman penghijau yang bisa bermanfaat untuk penghijauan dan pencegah erosi.


Untuk para pencinta tanaman hias, sekarang cemara juga mulai banyak dibudidayakan untuk dijadikan bonsai cemara yang mempunyai nilai seni dan harga jual yang cukup tinggi.

Berikut ini kita akan membahas beberapa jenis pohon cemara yang bisa untuk dijadikan bonsai:

1. Cemara Kipas


Cemara Kipas yang mempunyai nama ilmiah Thuja Occidentalis merupakan cemara yang berasal dari familli Cupressaceae dengan genus Thuja yang bernama Whitecedar.

DI Indonesia tanaman ini sering disebut dengan Cemara Kipas, atau ada juga yang menyebutnya dengan tanaman Cakar Ayam.

Tumbuhan cemara jenis ini banyak hidup dilingkungan dengan kondisi yang lembab. Jika dihabitat aslinya, ia mampu tumbuh dengan ketinggian mencapai 10 – 20 meter.

Cabang daun tumbuhan ini berbentuk kerucut kesamping, bersisik dan berbentuk seperti kipas. Daun tanaman yang bertekstur lembut ini ternyata sangat disukai oleh rusa.

Kayu tanaman cemara ini bisa digunakan untuk membuat pagar rumah, tiang, atau juga untuk kebutuhan – kebutuhan bangunan lainnya.

Cemara ini baru kemudian dikembangkan sebagai tanaman hias pertama kali di Eropa. Karena banyak keunikan yang dimilikinya maka tanaman ini sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias bonsai cemara.

2. Cemara Pensil


Cupressus Sempervirens atau Cypress Mediterania atau Cypress Tuscan adalah nama lain dari cemara yang terkenal dengan sebutan cemara pensil.

Jenis cemara ini mempunyai daun berwarna hijau tua yang rimbun. Memiliki tekstur kayu yang kuat dan bau yang wangi.

Tanaman ini bisa beradaptasi dengan kondisi kering, akan tetapi lebih cocok tumbuh didaerah dingin atau lembab.

Di Eropa tanaman ini banyak dijadikan tanaman hias, salah satunya bentuk bonsai cemara.

3. Cemara Norfolk


Dinamakan demikian karena ia berasal dari Pulau Norfolk, sebuah pulau kecil di Samudra Pasifik pada tahun 1774.

Nama ilmiah untuk jenis cemara ini adalah Araucaria Heterophylla atau juga sering disebut dengan cemara bintang pinus.

Cemara ini dapat tumbuh subur didaerah yang mempunyai iklim dingin atau daerah dengan kelembaban yang tinggi.

Pohon Cemara ini mempunyai ukuran kayu yang berukuran besar jika telah berumur tua, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai kayu bakar dan bahan bangunan.

Saat tanaman ini masih berumur muda, ia memiliki susunan cabang yang bertingkat dan ranting yang teratur.

Cemara ini memiliki banyak cabang simetris berbentuk jarum tumpul dan garis segitiga hingga keatas. Jenis cemara ini juga mampu tumbuh hingga mencapai ketinggian 60 meter.

Oleh karena keunikannya tersebut, maka tanaman ini menjadi salah satu pilihan yang dapat dijadikan bonsai.

4. Cemara Pua Pua


Cemara ini sangat cocok dijadikan bonsai karena memiliki daun yang bagus, daunnya berbentuk mirip tanduk rusa dan berwarna hijau tua.

Pohon ini bisa dengan mudah Anda temukan di toko-toko tanaman hias terdekat.

5. Cemara Angin


Casuarina Junghuhniana atau Casuarina Equisetifolia atau yang lebih dikenal nama Cemara Angin. Merupakan jenis cemara yang banyak ditemukan di Indonesia sehingga sangat membantu bagi para pencinta bonsai untuk membudidayakannya.

Tinggi pohon cemara ini bisa mencapai 5 meter lebih. Memiliki daun yang tipis dan lembut. Dahulu tanaman ini sangat popular karena di jadikan tanaman penghias gedung – gedung besar.

6. Cemara Buaya


Jenis cemara yang cukup popular ini mempunyai nama latin Juniperus Horizontalis, cemara ini mempunyai keunikan dengan gaya pertumbuhannya yang menyamping dan asimetris.

Jenis cemara buaya ini sangat banyak diminati oleh para pencinta bonsai karena gaya pertumbuhannya tersebut.

Cemara ini bisa tumbuh hingga mencapai 10 – 30 meter dan mempunyai habitat asal dari Amerika Utara khususnya Kanada dan Alaska.

Cemara ini mempunyai cabang yang banyak serta daun yang sangat rimbun sehingga jika dijadikan tanaman Bonsai akan menghasilkan bentuk yang indah dan elegan.

7. Cemara Lilin


Cemara lilin disebut juga dengan nama cemara pecut. Dinamakan demikian karena mempunyai bentuk ujung mengerucut seperti pecut (cambuk).

Mampu tumbuh hingga mencapai tingggi hingga 15 meter. Cemara ini mempuyai daun jarum hijau yang bergerombol. Sangat cocok dijadikan bonsai cemara.

8. Cemara Embun


Dinamakan dengan cemara embun karena bentuk daunnya yang seperti embun. Berwarna hijau muda keputih – putihan sehingga seakan akan berembun.

Cemara embun ini mempunyai postur yang lebih kecil dengan jenis cemara – cemara lainnya. Meski demikian tidak lantas mengurangi keindahan tanaman ini ketiga dibuat menjadi bonsai cemara.

9. Cemara Renthes


Jenis cemara yang satu ini mempunyai daun yang lebat berbentuk runcing dan tumbuh acak – acakan tidak teratur serta bentuknya menghadap keatas.

10. Cemara Chinese Golden Three


Disebut dengan Chinese Golden Three atau Cemara Emas China karena berdasarkan warna daunnya yang kuning menyala.

Dengan keunikan tersebut maka cemara ini sangat cocok untuk dibudidayakan menjadi tanaman bonsai yang eksotik.

11. Cemara Laut


Casuarina equisetifolia, adalah jenis cemara yang sering ditemukan didaerah pesisir pantai. Nama lain dari jenis cemara ini adalah Australian pine dan beach she-oak.

Pohon cemara ini jika masih muda mempunyai tekstur yang halus, namun jika telah berumur tua tekstur batangnya menjadi kasar dan tebal.

Memiliki percabangan halus dengan daun yang berbentuk lidi beruas – ruas berjumlah tujuh atau delapan tiap ruas serta mudah rontok dan berwarna hijau keabuan.

No comments