Jenis-Jenis Bonsai yang Banyak di Minati

Tanaman bonsai sangatlah unik dan butuh kesabaran untuk membuatnya. Tanaman yang dapat di gunakan sebagai bonsai adalah tanaman yang memiliki umur hidup yang lama dan biasanya juga menggunakan tumbuhan yang berkayu, namun bisa juga menggunakan tumbuhan lain nya. Apa lagi jika tanaman bonsai itu menggunakan tanaman buah-buahan, kayu-kayuan, pinus, pakis, serta tanaman yang berbunga maka akan ada nilai jual yang tinggi dan seni yang tinggi. Apa lagi jika jenis bonsai langka maka banyak kolektor bonsai atau kalangan atas yang berebut untuk memilikinya. Bonsai minten, tanaman ini seringkali di jadikan tanaman pagar tetapi sesungguhnya tanaman ini dapat di jadikan bakalan bonsai yang bagus. Dengan permukaan daun yang mengkilap, bunga muncul secara tunggal,di permukaan daunya bergerigi tajam, rantingnya tipis dan lurus. Bonsai murbei, meski tanaman ini tumbuh banyak di indonesia tapi jangan salah, tumbuhan ini berasal dari cina yang biasanya di budidayakan untuk di ambil daunnya sebagai pakan ulat sutra. Bonsai nam-nam juga tak kalah unik. Keunikan itu terletak pada daunnya. Pada saat muda berwarna putih atau merah tetapi setelah tua warnanya berubah menjadi hijau.


Bonsai wareng, juga dapat di jadikan bonsai yang biasanya tanaman ini di gunakan untuk pagar hidup di kebun. Meski terlihat batangnya berduri dan susah untuk di tembus tapi ini adalah salah satu bonsai dari indonesia yang mendapatkan penghargaan internasional. Terenggulun termasuk langka karena unik dan susah untuk di budidayakan. Melihat batangnya yang bengkok dan bercabang rendah, buahnya yang berbau harum dan batang yang dapat tumbuh besar rasanya ingin menyimpannya di ruang tamu. Bonsai sisir yang memiliki batang yang kokoh dan tahan terhadap pahatan walaupun batangnya berduri dan memiliki daun yang kecil tak berpengaruh terhadap batangnya yang terlihaat kokoh. Bonsai pinus, tanaman ini cocok hidup di pegunungan. Daun nya yang berbentuk jarum menjadi dayatarik tersendiri. Jangan lupa untuk selalu memangkas pangkal daunnya agar tidak terlalu panjang. Masih banyak lagi bonsai yang lain seperti santigi laut, serut, wahong, black pine, cemara udang, dan cemara duri. Bahkan tanaman-tanaman tersebut yang dapat mengalami kenaikan harga. Yang sering di minati oleh pasar internasional adalah bonsai cemara udang dan black pine bahkan banyak permintaan ekspor.

Pohon bonsai yang di katakan sempurna biasanya memiliki tinggi antara 50-60 cm, antara akar,batang daun, dan rantingnya seimbang. Dengan keseimbangan itu maka bonsai patut untuk di sebut sebagai miniature pohon besar di alam bebas. Bonsai akan mahal jika sudah memenangkan suatu lomba. Harganya berkisar 50.000.000 sampai 1 milyar bah kan bisa lebih mahal dari itu, hal ini sangat wajar melihat harga yang sangat mahal. Karena di lihat dari pembuatan dan perawatan hingga menghasilkan tanaman yang cantik, indah, dan terlihat seperti pohon besar yang berada di alam liar sangatlah tidak mudah. Bonsai yang berasal dari indonesia biasanya belum dapat di ekspor ke luar negri karena tidak cocok dengan iklim di luar negri atau karena pihak importir tidak membolehkan dikarenakan harga yang masih berbeda-beda. Bakalan bonsai biasanya hanya berharga Rp. 1.000. namun jika sudah menjadi bonsai harganya bisa berlipat-lipat. Ini lah kenapa orang-orang yang memiliki budget lebih menjadikannya sebagai usaha yang menggiurkan. Bakalan yang bagus biasanya di ambil dari alam karena biasanya akan menjadi jenis bonsai termahal jika sudah mengikuti lomba. Banyak di luar negri juga mengembangkan usaha bonsai ini seperti di Belanda, Amerika, Singapura, Belgia, dan Prancis.