Jenis Bonsai Dari Yang Biasa Sampai Yang Unik Ditanam Pada Batu

Salah satu sebab mengapa bonsai selalu menjadi jenis tanaman hias yang menarik dan populer dari dulu sampai sekarang adalah karena ada banyak sekali jenis bonsai yang bisa ditemukan. Variasi jenis semacam itu membuat anda tak akan merasa bosan bahkan jika anda sudah sejak dulu menyukainya. Bahkan jenis ini juga sifatnya fleksibel untuk dimodifikasi. Artinya, jika anda memang memiliki ide kreatif, tidak masalah jika anda ingin membentuk sendiri tanaman hias anda. Maka anda juga akan lebih mudah untuk menyesuaikan antara keinginan anda dengan tipe yang bisa anda ciptakan.

Ada banyak hal yang harus anda pertimbangkan ketika anda sedang mencoba memilih jenis bonsai yang pas untuk anda gunakan sebagai hiasan. Salah satunya misalnya berkaitan dengan style rumah anda. Bonsai berukuran kecil akan sangat cocok ketika dikombinasikan dengan rumah-rumah yang juga didesain sederhana dan memiliki ukuran sedang. Untuk rumah yang dibangun megah, anda akan membutuhkan lebih banyak tanaman hias dan juga ukuran yang lebih besar. hal itu dibutuhkan untuk menciptakan harmoni sehingga apa yang anda harapkan dengan tanaman hias tersebut akan anda dapatkan dengan sempurna.

Contoh-contoh Jenis Bonsai Sekarang ini

Ada banyak sekali jenis bonsai yang bisa anda temukan dan anda pilih sekarang ini. Contoh yang pertama adalah bonsai asam londo. Ini merupakan tipe yang sangat pas bagi anda yang mencari tipe yang berukuran kecil dan mungil. Batangnya seringkali ditumbuhkan lurus ke atas dengan dahan yang hanya sedikit. Daun yang tumbuh pun tidak terkesan rimbun. Kelebihan yang satu ini tentu saja adalah bentuknya yang memungkinkan anda menyediakan media yang juga kecil. Harganya relatif terjangkau oleh siapapun.

Adapun jenis bonsai yang kedua yang juga bisa anda pilih selain yang sebelumnya adalah jenis bonsai beringin putih. Memang jenis beringin merupakan jenis yang paling banyak memiliki variasi yang ditawarkan. Selain yang satu ini anda pun bisa menemukan misalnya tipe beringin kimeng yang terkenal dengan harganya yang bisa mencapai ratusan juta rupiah. Pada tipe yang satu ini, anda akan menemukan warna daunnya memang tidak hijau melainkan seperti tercampuri oleh warna putih. Untuk masalah batangnya anda tak akan menemukan banyak perbedaan dengan tipe beringin bonsai yang lain.

Bonsai serut diatas batu merupakan tipe yang selanjutnya yang mungkin menarik bagi anda ketika dua jenis bonsai yang tadi sudah disebutkan sama sekali tidak mengundang rasa ketertarikan anda. Yang satu ini memang sangat unik dan mungkin tidak terbayang dalam benak anda sebelumnya karena memang bonsai yang satu ini ditumbuhkan di atas batu. Tentunya ada trik tersendiri untuk membuatnya. Salah satu petunjuk cara pembuatannya adalah jenis batu yang digunakan yang tak bisa sembarangan dan tak bisa semua batu digunakan sebagai medianya. Salah satu yang tidak cocok digunakan misalnya adalah batu vulkanik.

Yang terakhir yang juga lumayan populer adalah bonsai santigi karang. Ini merupakan jenis bonsai yang unik dan akan cocok bagi anda yang menyukai bentuk yang eksotik. Yang satu ini memang masih memiliki kemiripan dengan yang sebelumnya karena menggunakan media batu karang. Tanaman santigi sendiri memang merupakan jenis tanaman karang khusus yang dijadikan bahan dasarnya. Jika anda memilih yang satu ini, maka ada kepercayaan sebagian orang juga akan kaitannya dengan aspek mistis sebagaimana dengan tipe beringin.