Ciri-ciri Bonsai Bunga Kertas atau Bougenville

Share:
Karena kepopulerannya tersebut, bunga ini banyak kita temukan menghiasi taman-taman ataupun pekarangan rumah-rumah diperkotaan ataupun di desa-desa di Indonesia.

Bunga bougenville yang berwarna-warni memang sangat sejuk tatkala dipandang mata. Warna yang dimilikinya bisa sangat beragam.

Ungu, putih, merah, kuning bahkan terkadang terdapat satu jenis bunga dengan variasi warna yang beragam. Ditambah lagi dengan bentuk batangnya juga memiliki karakter tua .

Jika tumbuh secara alami seperti di Indonesia maka tanaman ini dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 10 meter.

Batang tanaman ini berstektur agak keras, bercabang-cabang serta memiliki duri yang tajam. selain itu tanaman ini juga memiliki sulur yang rapat, daun yang lebar dan membentuk bujur tirus yang dapat membuat rimbunan pokok dilokasi tumbuhnya.

Oleh karenanya bunga ini menjadi incaran para pencinta tanaman hias untuk dijadikan tanaman bonsai.

Dengan bentuknya yang cantik serta eksotik tentunya sangat mendukung jika bougenville ini dijadikan bonsai. Pokoknya ajiiiib,,,,,

Untuk masalah perkembangbiakannya, tanaman ini juga sangat mudah karena cukup dengan melalui keratan batang yang disemai didalam bungkus plastik ataupun pot dengan cara yang gampang.

Meski demikian, ada beberapa hal yang menjadi tantangan atau kesulitan dalam membuat bonsai bougenville diantaranya yaitu ketika mengkondisikan bunga dalam satu gerombolan yang padat.

Karena pada kehidupan alami dihabitatnya, tanaman bougenville ini berbunga dengan jarak yang cukup jauh pada sulur-sulurnya yang panjang.

Masalah selanjutnya adalah sulitnya mendapatkan bentuk akar dan bentuk batang yang besar dan eksotik meski tanaman ini tergolong mudah untuk dibudidayakan.

selain itu adalah masalah ketersediaan bakalan bongsai yang cukup sulit ditemukan jika didaerah perkotaan karena pada dasarnya memang tanaman ini bukanlah tanaman liar yang tumbuh di alam bebas.

Solusi untuk masalah ini adalah dengan membeli atau mencari bunga bougenville di desa –desa yang memang sangat banyak ditanam dipekarangan rumah mereka.

Untuk proses pembutan dan perawatannya, kami rasa tidak jauh berbeda dengan teknik pembuatan dan perawatan bonsai-bonsai yang lain.