Cara Merawat dan Memelihara Bonsai Adenium Agar Senantiasa Berbunga

Share:
Bonsai mawar padang pasir ini tentunya akan lebih cantik dan eksotik jika tanaman ini bisa selalu bunga.

Sebetulnya tanaman padang pasir ini pasti akan berbunga, akan tetapi periode waktunya cukup lama dan bunganya pun tidak banyak.

Bahkan terkadang bisa juga tidak pernah berbunga tetapi hanya batang dan cabangnya yang terus tumbuh memanjang.


Untuk itu kita bisa melakukan sebuah upaya yang akan merangsang bunga adenium selalu berbunga.

Dan salah satu cara yang paling efektif untuk merangsang agar bonsai Kamboja Anda selalu berbunga adalah dengan cara pemangkasan.

1. Pemangkasan Cabang


Pemangkasan bisa dilakukan terhadap beberapa cabang yang tumbuh memanjang, sehingga ketika cabang tersebut dipangkas maka dia akan mengeuarkan cabang – cabang baru.

Nah, cabang-cabang baru itulah yang kelak akan mengeluarkan bunga. Selain itu pemangkasan secara teratur juga akan merangsang pertumbuhan daun yang akan menjadi semakin rimbun.

Jika semakin rimbun bonsai adenium Anda, maka bunga yang akan keluar akan semakin banyak yang tentunya akan mempercantik penampilan bonsai Anda.

Untuk bagian akar pun perlu dipangkas, hal ini bertujuan agar bonsai tersebut tidak mengalami pembusukan akar.

Selain itu pemangkasan akar juga berfungsi untu menghambat laju pembesaran tanaman kita, sehingga bonsai adenium anda tidak lekas tumbuh menjadi besar dan tinggi.

Namun Anda juga harus memperhatikan tatacara dan metode pemangkasan yang baik dan benar.

Berhati- hatilah jangan sampai ketika proses pemangkasan malah menjadikan batang adenium mengalami luka yang bisa merusak tampilan bonsai anda.

2. Pemupukan


Selain dengan cara pemangkasan, untuk merangsang agar bonsai Kamboja anda banyak berbunga adalah dengan melakukan pemupukan.

Tanaman Kamboja Anda semprotkan dengan jenis pupuk perangsang daun yang mengandung unsur senyawa fosfor tinggi atau bisa juga anda beri pupuk perangsang bunga.

3. Penyinaran yang teratur


Terakhir, satu hal penting yang harus Anda perhatikan adalah jenis tanaman bonsai Kamboja merupakan tanaman yang membutuhkan cahaya matahari penuh sepanjang hari dan tidak menyukai lingkungan yang lembab atau terlalu banyak air.

Maka dari itu hendaknya tanaman ini ditempatkan pada ruangan terbuka dan jangan terlalu sering disiram.